Mo Salah Ciptakan Tiga Peluang Penting dari Semua Gol Liverpool Saat Gulung Manchester City


Liverpool berhasil menundukkan Manchester City dengan meraih kemenangan skor akhir 3 : 1 dalam laga pembuka musim 2022/2023 bertajuk Community Shield di King Power Stadium, yang mempertemukan Juara Liga Premier Inggris dengan Juara Piala FA Inggris musim lalu.

Pada laga tersebut, pemain bintang Liverpool yang telah memperpanjang kontrak jangka panjangnya dengan klub, Mo Salah membayar semua kepercayaan yang diberikan kepadanya, dengan mencetak satu gol dari titik penalti dan satu assist untuk gol pertama dari Trent Alexander Arnold.

Namun, bukan itu saja permainan menonjol dari Mo Salah sepanjang pertandingan yang berbuah 3 gol untuk Liverpool dan hanya berbalas 1 gol dari Manchester City.  Pemain sayap lini depan ini berhasil membuat permainan di lini depan benar-benar hidup dan mengancam pertahanan lawan.

Pada babak pertama, beberapa pergerakan manuver bersama bola Mo Salah terbukti mengancam gawang Manchester City, dan yang terpenting tentu saja assist matang yang diberikan ke Trent Alexander Arnold, yang langsung dieksekusi oleh pemain belakang tersebut menjadi gol pada menit ke-21 melalui tendangan first time yang akurat meski sempat mengalami deflect tipis dari pemain lawan (Nathan Aké).

Gol kedua yang lahir dari kotak penalti dari tendangan Mo Salah sendiri pada menit ke-83, sesungguhnya tidak terlepas dari peran penting umpan bersihnya ke Darwin Nunez yang kemudian menendang bola, dimana bola tersebut bersinggungan tangan pemain lawan (Ruben Dias) sehingga Liverpool mendapatkan hadiah penalti.

Bahkan gol ketiga yang tercipta berkat sundulan "tidak biasa" dari Darwin Nunez setelah memanfaatkan assist Andy Roberson tidak terlepas dari peran penting Mo Salah.  Pemain nomor punggung 11 itu melihat peluang terbuka di tiang jauh dimana ada Andy Robertson dan mengirim bola kesana ketika menghadapi ketatnya pertahanan lawan.

Andy Roberson yang menerima umpan Mo Salah melompat menyambar bola mengarahkan ke depan gawang dan disambar dengan tandukan kepala Darwin Nunez dengan cara sedikit menjatuhkan posisi badan, dan berbuah gol ketiga pada menit ke-90+4 bagi Liverpool.

Ketiga gol Liverpool hanya mampu dibalas dengan satu gol Manchester City pada menit ke-70 melalui Julian Alvarez setelah memanfaatkan kemelut perebutan bola di depan gawang Liverpool.  Kedudukan 3  :  1 untuk Liverpool bertahan hingga laga berakhir.

Pencapaian ini merupakan kemenangan trofi pembuka bagi Liverpool di awal musim kompetisi 2022/2023 dan sekaligus menegaskan kemenangan trofi Community Shield ke-16 atau pertama sejak tahun 2006.