Dua Masalah Utama Skuad Liverpool yang Jadi Sotoran Jurgen Klopp Jelang Hadapi Musim 2022/2023


Tampaknya Jurgen Klopp khusus menyoroti dua masalah utama dalam skuad utama Liverpool dan berusaha meningkatkan performanya pada saat melakukan pelatihan di camp pelatihan Austria  saat ini menjelang menghadapi putaran kompetisi musim 2022/2023.

Penguasaan bola pada pada setiap laga pra musim di Asia termasuk saat menghadapi RB Leipzig di Jerman menegaskan kuatnya lini tengah, tetapi pada sisi lain pernah mengalami kegagalan pada laga kontra Manchester United misalnya dengan kegagalan mencetak gol dan kebobolan 4 gol, sepertinya cukup membetot perhatian Jurgen Klopp.

Sang manajer mencoba memperbaikinya dengan memfokuskan pada persoalan pengambilan keputusan di lini depan yang menentukan berkaitan dengan eksekusi terburu-buru atau menghadapi rapatnya pertahanan lawan.

Sang manajer berujar, "Ini tentang bagaimana kita bereaksi pada saat-saat tertentu; bagaimana kami melakukan hal-hal yang kami lakukan lebih alami dan sejak saat itu bagaimana kami dapat meningkatkan pengambilan keputusan kami di saat-saat yang menentukan"

"Karena meskipun kami mencetak banyak gol, kami sering berada dalam situasi di mana – dengan sedikit lebih baik ikhtisar dengan sedikit kesibukan, atau terburu-buru, yang sulit dalam sepak bola khususnya – hanya menggunakan struktur kami dengan cara yang lebih baik, itulah yang sedang kami kerjakan.".

Fokus lainnya terkait dengan performa lini pertahanan ketika menghadapi tekanan ataupun serangan balik setelah permainan menekan Liverpool ketika bola berbalik dikuasai lawan, untuk memastikan mampu menetralisir ancaman berbahaya dari lawan.

Jurgen Klopp mengharapkan, "Pada pertahanan kami, tentu saja, juga, karena dalam semua permainan bagus yang kami mainkan, saya tidak dapat mengingat permainan bagus yang kami mainkan tanpa kinerja counter-pressing yang luar biasa".

"Kadang-kadang tidak begitu jelas karena kami memiliki begitu banyak penguasaan, tetapi selalu ketika kami benar-benar tepat dalam tekanan tinggi, dan tekanan balik kami, maka kami memainkan permainan sepak bola yang bagus. Jadi, itu penting....".