Penyegaran Dua Penyerang Liverpool, Man of The Match dan Gol Pengunci Kontra Benfica


Raihan tiga gol untuk Liverpool dari Ibrahima Konate, Sadio Mane dan Luis Diaz mengamankan keunggulan leg pertama bagi The Reds di Estadio da Luz, membuat lawatan Liverpool ke kandang Benfica pada Kamis, 14 April 2022 pukul 02.00 wib di leg pertama babak perempat final Liga Champions menjadi sangat berharga. 

Hasil akhir dari laga leg pertama babak perempat final Liga Champions  2021/2022 tersebut akhirnya berhasil menempatkan Liverpool unggul atas tuan rumah, Benfica dengan mengumpulkan tiga gol yang hanya mampu dibalas satu gol di awal laga babak kedua.   

Dua gol Liverpool tercipta pada babak pertama, dimana pada menit ke-17, Konaté mencetak gol dengan sundulan setelah tendangan sudut dilakukan di sebelah kiri oleh Robertson dan pada menit ke-34 ketika serangan cepat dengan tiga sentuhan, umpan panjang dari Alexander-Arnold, assist sundulan dari Luis Díaz dan penyelesaian akhir dari Mané.

Benfica sesungguhnya tidak kekurangan peluang untuk mengimbangi keunggulan Liverpool.  Secara statistik tim ini berhasil melakukan 6 kali tendangan percobaan, dengan 3 kali di antaranya mengarah ke gawang dan sekali dari kesempatan tersebut terkonversi menjadi gol pada menit ke-49.

Gol Benfica pada awal babak kedua tersebut tercipta ketika Rafa berlari ke kanan dan melakukan umpan silang, sementara Konaté gagal melakukan intersepsi, Darwin mengontrol bola di dalam kotak penalti dan menembak dengan kaki kanannya ke bagian belakang gawang. 

Kesempatan lain bagi Benfica datang pada menit ke-60 ketika Gonçalo Ramos mengoper bola yang diarahkan menuju Everton, yang kemudian memutuskan melakukan tembakan tetapi berhasil digagalkan oleh penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker.

Beberapa kali Benfica mengancam Liverpool, akhirnya Jurgen Klopp memutuskan melakukan penyegaran dengan mengambil inisiatif pergantian tiga pemain (triple change).  Tepatnya pada menit ke-61, tiga pergantian pemain untuk Liverpool, Thiago Alcantara, Salah dan Mané ditarik digantikan oleh Henderson, Diogo Jota dan Firmino.

Benfica tidak berhenti mengajar peluang, yang akhirnya datang pada menit ke-67 ketika Darwin berlari ke kiri dengan bola, masuk ke kotak penalti, mencoba melewati Van Dijk, yang menghalangi Darwin dengan physical marking, kemudian penyerang Benfica itu terjatuh, tetapi menurut wasit Gil Manzano itu bukan pelanggaran yang harus diberikan hadiah penalti.

Berselang 26 menit setelah pergantian lini tengah dan lini depan Liverpool, akhirnya The Reds mampu mengunci laga tandang leg pertama perempat final Liga Champions 2021/2022 ini dengan tambahan satu gol dari Luis Diaz pada menit ke-87.

Berkat kontribusinya yang mengesankan sepanjang laga dengan memberikan assist sundulan ke Mane dan mencetak gol ketiga, Luis Diaz terpilih sebagai Man of The Match (Pemain Terbaik Liverpool) dalam kemenangan 3 : 1 Liga Champions atas Benfica.

Laga leg kedua babak perempat final Liga Champions 2021/2022 antara Liverpool kontra Benfica direncanakan akan berlangsung di markas Liverpool, Anfield Stadium pada hari Kamis, 14 April 2022, pukul 02.00 wib.