Beberapa Fakta Unik Hasil Seri AC Milan Kontra Bologna


Pencapaian AC Milan sejauh ini sebagai pemimpin klasemen sementara Serie A Italia 2021/2022 tampaknya semakin terancam oleh dua pesaing di bawahnya (Napoli dan Inter Milan) ketika hanya mampu meraih hasil seri ketika berlaga menghadapi Bologna.

Tetapi memang secara statistik setidaknya dalam 9 laga terakhir, AC Milan belum terkalahkan dengan meraih 5 kemenangan dan 4 kali seri, sementara Napoli di peringkat kedua mencatatkan baru tiga laga terakhir yang berakhir tanpa kekalahan, meski hanya selisih 1 poin.

Sementara itu, tim sekota AC Milan yakni Inter Milan sampai saat ini yang bertengger di posisi ketiga klasemen dengan mengumpulkan 63 poin, hanya selisih 3 poin dari AC Milan. Jadi segalanya masih sangat mungkin terjadi di sisa 7 laga terakhir.

Sebelum laga kontra Bologna, manajer AC Milan, Stefano Pioli sempat menegaskan untuk tidak akan mundur sejengkalpun dari perburuan gelar, termasuk ketika pikiran sang Pelatih sedang berfokus menjelang pertandingan San Siro melawan Bologna.

Pada saat laga yang berlangsung sangat berat, AC Milan mencoba segalanya untuk menang tapi keberuntungan berpihak pada Bologna. Hasil imbang tanpa gol di San Siro adalah kombinasi dari laga yang tidak menguntungkan, peluang yang tak berbuah gol  dan tentu saja melahirkan penyesalan.

Rossoneri berusaha menciptakan banyak peluang untuk membuka keunggulan, setidaknya ada 33 kali percobaan tendangan tetapi sayangnya akurasinya sangat rendah hingga percobaan tendangan yang mengarah ke gawang hanya 7 kali saja sepanjang laga dan tidak ada yang terkonversi menjadi gol.

Meski tak menuai hasil maksimal pada laga tersebut, AC Milan setidaknya atas upaya yang luar biasa mampu mempertahankan clean sheet kelima berturut-turut di semua kompetisi. Hasil imbang ini  merupakan yang pertama bagi Rossoneri di Serie A sejak melawan Udinese di kandang sendiri. 

Meski hanya meraih satu poin, pasukan Pelatih Pioli tetap berada di puncak klasemen, meski keunggulan atas Napoli dan Inter telah berkurang.  Berikut ini adalah data statistik utama dari pertandingan kontra Bologna.

Pertama, AC Milan melakukan 33 tembakan pada laga kontra Bologna, percobaan terbanyak yang pernah dilakukan tanpa mencetak gol di pertandingan Serie A sejak musim 2004/05.

Kedua, setelah hasil laga tanpa gol dan tanpa kebobolan satu gol pun kontra Bologna, AC Milan mencatatkan empat clean sheet berturut-turut dalam satu musim Serie A untuk pertama kalinya sejak Mei 2021 (lima saat itu).

Ketiga, Stefano Pioli memimpin pertandingan ke-100 AC Milan di Serie A ketika AC Milan berhadapan dengan Bologna. Sejak awal era tiga poin per kemenangan (dari 1994/95), Pioli adalah ahli taktik yang memiliki rata-rata poin per pertandingan terbaik untuk Rossoneri di liga:  2.03.

Keempat, Rafael Leão memiliki delapan tembakan dalam pertandingan kontra Bologna ini, yang merupakan rekor tersendiri baginya dalam satu pertemuan Serie A.

Kelima, stiker produktif AC Milan yang didatangkan dari klub Liga Premier Inggris (Chelsea), Olivier Giroud kini telah membuat catatannya sendiri dengan mencapai 350 penampilan di 5 liga top Eropa.