Rashford dan Sancho Tak Dilirik, Gareth Southgate Pilih Maguire

 Siapa yang tak kenal Harry Maguire, pemain lini belakang Manchester United yang belakangan juga menjadi sasaran kritik habis-habisan oleh sebagian fans Setan Merah terkait performanya ketika menjaga pertahanan yang dinilai jauh dari ekspektasi.

Pemain yang juga dikenal sebagai Kapten Manchester United itu dinilai menjadi salah satu bagian dari akar permasalahan pencapaian kurang menyenangkan dari Setan Merah belakangan ini, bahkan sebagian ada yang menyuarakan agar ban kapten yang ada padanya dicopot.

Namun ternyata berbagai pandangan tersebut berbeda 180 derajat dengan Gareth Southgate, sang arsitek yang saat ini sedang menukangi Tim Nasional Inggris.  Sang manajer justru meneguhkan diri mempertahankan Harry Maguire dan justru memilih mengabaikan Marcus Rashford dan Jadon Sancho.

Gareth Southgate telah mengklarifikasi mengapa Marcus Rashford dan Jadon Sancho tidak dimasukkan dalam skuad Inggris terbaru, dan mengapa Harry Maguire dipilih.

Di sisi lain, bos Timnas Inggris itu menegaskan bahkan tidak pernah mempertimbangkan untuk mencoret Maguire, karena kontribusi besar bek tengah itu untuk kemajuan Inggris selama empat atau lima tahun terakhir.

Southgate menegaskan,“Saya tidak berpikir pernah terlintas dalam pikiran kita untuk tidak memilih Harry Maguire untuk skuad ini.  Dia telah menjadi bagian penting dari starting XI yang membawa kami ke semifinal Piala Dunia dan final Euro. Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa dia adalah salah satu bek tengah terbaik kami”.

Sedangkan terkait dengan Rashford, Southgate mengakui bahwa pemain ini telah berjuang untuk menemukan bentuk terbaiknya sejak kembali dari cedera di musim gugur, dengan menyebut, "Ini waktu yang sulit baginya.  Dia jelas tidak dalam kondisi terbaiknya. Kami tahu banyak tentang Marcus; kami tahu apa yang bisa dia berikan kepada kami, dan mudah-mudahan dia bisa menemukan kembali performa yang kami tahu dia mampu”.

Adapun Sancho, Southgate mengatakan, “Jadon, tanpa diragukan lagi selama beberapa minggu terakhir, penampilannya telah meningkat bersama Manchester United, tetapi ini adalah area di mana kami memiliki persaingan yang sangat besar untuk memperebutkan tempat....Anda dapat melihat nama-nama di sana: Phil Foden, Raheem Sterling, Bukayo Saka, Emile Smith-Rowe, Jack Grealish

Bagaimanapun saat ini, harus diakui Sancho adalah salah satu pemain terbaik yang dimiliki Manchester  United terutama apabila dilihat dari beberapa penampilan gemilang sejak pergantian tahun.  Oleh karena itu, masih ada waktu bagi Sancho dan Marcus untuk masuk seleksi menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar akhir tahun ini.

Maguire sendiri bergabung dalam skuad Inggris bersama dengan sesama pemain belakang Manchester United Luke Shaw, yang tentu saja keduanya menginginkan mengambil peran dalam pertandingan persahabatan antara Timnas Inggris melawan Swiss dan Pantai Gading.