Ternyata Pasangan Mematikan Dormund Bercokol di Barcelona


Tidak dapat disangkal, performa permainan Barcelona di lapangan ketika menghadapi lawan-lawannya semakin menunjukkan trend positif hingga saat ini. Tim di bawah asuhan Xavi Hernández dinilai berhasil memainkan sepakbola yang bagus.

Hasilnya pun dalam beberapa pekan terakhir dinilai menjanjikan, dengan memperhatikan trend peningkatan yang ditunjukkan pada 2022. Saat ini Barca mampu bertengger di tiga besar dengan pencapaian meyakinkan dibandingkan dengan Sevilla dan Real Madrid, dengan satu pertandingan di tangan di La Liga. 

Saat ini ketika tahun memasuki 2022, Barçelona telah berhasil mengumpulkan 26 dari maksimal 30 poin dalam 10 laga terakhir di La Liga, lebih banyak dari tim mana pun di La Liga pada 2022, dan berhasil mencapai perempat final Liga Eropa UEFA. Bahkan pada semua kompetisi, rekornya mencapai 12 pertandingan tak terkalahkan.

Hasil ini memang tidak terlepas dari kedatangan Xavi Hernández sebagai pelatih, dimana Barca telah memainkan 25 pertandingan di kompetisi resmi dan mencapai rekor 14 kemenangan, 7 seri dan 4 kekalahan, sebuah performa impresif yang bahkan lebih baik jika dilihat dari 12 pertandingan terakhir. 

Namun, apabila melihat jauh ke dalam skuad Barcelona, maka akan ditemukan fakta lainnya yang tidak kalah menarik.  Ternyata di sana ada Aubameyang dan Dembele yang benar-benar dinilai sebagai duet pasangan yang impresif. 

Sebelumnya, dua pemain ini menjalin duet kemitraan yang tangguh di lapangan ketika keduanya merumput membela Borussia Dortmund pada kompetisi Bundesliga 2016/2017, dan ketika keduanya membela Barcelona kedua pemain ini dinilai bahkan lebih mematikan.

Kerjasama dua pemain itu dianggap telah mengambil peran besar terhadap performa Barcelona menuju tempat di Liga Champions 2022/23 dan terbukti berjalan baik juga pada laga Liga Europa. Barca belum pernah kalah dalam pertandingan di mana keduanya tampil.

Pada 10 pertandingan ketika keduanya dimainkan dan berduet di lapangan, para punggawa Barcelona berhasil mencapai performa yang cukup mengesankan, dimana berhasil meraih tujuh kemenangan dan tiga kali seri.

Keduanya ketika bersama-sama diturunkan di lapangan mampu berkontribusi banyak pada permainan Barcelona.  Aubameyang telah berhasil mencetak sembilan gol dan memberikan satu assist, dan Dembélé telah memberikan tujuh assist dan satu gol. 

Pada saat bermain untuk Borussia Dortmund pada musim Bundesliga 2016/2017, Aubameyang mencetak 39 gol dan memberikan lima assist, sementara Dembele berhasil mencetak 10 gol dan memberikan 19 assist yang mengesankan.

Duet pasangan itu benar-benar mematikan kala terjadi momentum dimana biasanya sang pemain Prancis, Dembele yang melakukan build-up dan sisanya striker Gabon,  Aubameyang sudah ada di posisi yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan sisanya.