7 Plus 5 Perubahan Norwich City Tak Berdaya Bendung Liverpool


Takumi Minamino berhasil mencetak dua gol saat laga Liverpool kontra Norwich City untuk memastikan Liverpool akhirrya melaju ke perempat final Piala FA Emirates dengan mengalahkan Norwich City 2-1

Menghadapi laga tersebut, pelatih kepala Norwich City, Dean Smith telah memutuskan membuat tujuh perubahan formasi pemain dari skuad yang mengalami kekalahan pada laga sebelumnya ketika kontra dengan Southampton. 

Tim Krul, Dimitris Giannoulis, Christoph Zimmermann, Sam Byram, Lukas Rupp, Pierre Lees-Melou dan Przemsław Płacheta masuk ke dalam tim dan Ben Gibson menjadi kapten tim dengan absennya Grant Hanley, yang diskors.

Sementara itu di sisi Liverpool, Jurgen Klopp membuat 10 perubahan pada starting line-upnya, dimana hanya Jordan Henderson yang mempertahankan tempatnya di XI yang menjadi starter di final Carabao Cup di Wembley.

Liverpool diperkuat Alisson, Milner, Konate, Gomez, Tsimikas, Henderson (Morton, 61), Oxlade-Chamberlain, Jones (Elliott, 46), Minamino, Jota (Mane, 83), Origi (Diaz, 83), dengan pemain pengganti yang tidak digunakan: Adrian, Kelleher, Robertson, Matip, Bradley.

Menghadapi kekuatan Liverpool tanpa Moh Salah ataupun Sadio Mane yang hanya bermain 10 menit, perubahan yang dilakukan Norwich City tak mampu membantunya untuk mengungguli Liverpool pada laga tersebut.  Norwich City harus tersingkir dari Piala FA dengan skor tipis 2 :  1 untuk kemenangan The Reds.

Gol pertama Liverpool terjadi ketika aliran bola berpindah dari sisi kanan ke kiri melalui umpan tarik Minamino, diteruskan Jordan Henderson ke arah sisi kiri serangan Liverpool, yang kemudian aliran bola menemukan Joel Gomez di sebelah kiri dan dialihkan ke Kostas Tsimikas lebih ke depan.

Kostas Tsimikas dari sisi tepi kiri kota penalti mengirim umpan silang ke area tengah kotak penalti menemukan Divock Origi, yang kemudian mengontrol bola, dimana Tim Krul mungkin mengira bola langsung ditembakkan.

Namun, ternyata Divock Origi memutuskan mengirimkan bola ke sisi kanan kotak penalti yang menemukan Minamino untuk memberikan sentuhan terakhir dan mengarahkan bola ke gawang melewati penjaga gawang Norwich, Tim Krul pada menit ke-27.

Minamino berhasil menggandakan keunggulan Liverpool pada menit ke-39 dengan pola penyelesaian yang serupa tetapi lebih mengesankan, saat sepak pojok Curtis Jones ke arah tengah kotak penalti yang disundul pemain Norwich, Lukas Rupp akhirnya arah bola liar menemukan Minamino di sisi kanan dan melepaskan tendangan setengah voli dari bagian dalam tiang gawang.

Pada babak kedua, tim tamu berhasil mengurangi selisih gol, dimana Sargent meneruskan umpan ke arah laju Rupp di bagian tengah lapangan dan Lukas Rupp bergerak maju sebelum memberikan penyelesaian tendangan keras dari arah sejengkal dari depan kotak penalti sisi kiri Alisson untuk memberi harapan baru bagi timnya.

Keberhasilan tim tamu, Norwich City dalam merubah kedudukan mengurangi selisih gol dari Liverpool pada menit ke-76 terjadi setelah melakukan pergantian 4 pemain secara bertahap, 3 pemain di antaranya dilakukan secara bersamaan. 

Pada menit ke-46, memasukkan Josh Sargent menggantikan Placheta di lini serang,  pada menit ke-61, pemain penyerang Milot Rashica digantikan John Lowe, penyerang Teemu Pukki digantikan gelandang Kieran Dowell, terakhir gelandang Mathias Normann digantikan gelandang Billy Gilmour. 

Namun, keinginan Norwich City untuk menyamakan kedudukan menjadi sirna meskipun telah melakukan perubahan formasi pemain berikutnya setelah berhasil menyarangkan satu gol ke jala Liverpool, dengan menggantikan gelandang pencetak gol Lucas Rupp dengan gelandang Kenny McLean. 

Pada momen krusial lainnya yang terjadi di babak kedua, Alisson harus menepis tendangan keras Jonathan Rowe ke arah gawang, sementara pemain pengganti, Luis Diaz dengan tendangan melengkungnya hanya berjarak beberapa centimeter dari tiang gawang.

Laga berakhir dengan skor 2  :  1 untuk keunggulan Liverpool yang berhasil mengantarkannya melaju ke perempat final Piala FA, sementara perjalanan Norwich City dalam laga Piala FA dipaksa berakhir hanya sampai pada laga tersebut.