Laga Krusial Bali United dan Persib Bandung Tentukan Nasib Jawara Liga 1

Sepanjang gelaran BRI Liga 1 yang dimulai tanggal 27 Agustus tahun 2021 yang lalu hingga saat ini, seluruh klub peserta telah menjalani 31 laga yang menandai putaran kedua serie kelima BRI Liga 1 hanya menyisakan 3 laga terakhir.  

Sejauh ini, percaturan perebutan gelar Liga 1 Indonesia hanya menyisakan dua tim papan atas berdasarkan perolehan poin sementara, yang masih terus bersaing karena memiliki kans menjadi kandidat jawara Liga 1 apabila dihitung peluangnya berdasarkan pada perolehan poin setelah menjalani laga hingga pekan ke-31.

Kedua tim tersebut hingga saat ini, dimana tim yang bertengger di posisi puncak klasemen, Bali United berhasil mengumpulkan 69 poin, sementara Persib Bandung menyusul di bawahnya, dengan selisih 3 poin karena mengoleksi total 66 poin.

Selebihnya di bawah Persib Bandung yang sudah kehilangan peluang menjadi jawara Liga 1 Indonesia, pada peringkat ketiga dihuni Persebaya yang baru mengoleksi 59 poin bersamaan dengan Bhayangkara FC di peringkat keempat, yang membedakannya adalah Persebaya unggul di selisih gol dengan 19 gol, sedangkan Bhayangkara FC sejauh ini mengoleksi 15 selisih gol.

Sementara itu, Arema FC yang ada di peringkat kelima pun juga sudah kehilangan kans menjadi jawara Liga 1 Indonesia mengingat sejauh ini Arema FC hanya berhasil mengumpulkan 58 poin dari 31 laga sebelumnya.

Dua tim papan atas kandidat jawara Bali United dan Persib Bandung masih harus menjalani laga sisa Liga 1 dengan total ada 3 pertandingan  sebelum akhirnya resmi menyelesaikan seluruh putaran laga dalam kompetisi sepak bola Indonesia di musim ini.

Bali United harus melakoni tiga laga tersisa dalam putaran kedua serie kelima BRI Liga 1 kontra Madura United, Persebaya dan Persik Kediri, dimana Madura United dan Persebaya FC pada laga sebelumnya membuat Bali United bertekuk lutut, sedangkan Persik Kediri mampu ditundukkan. 

Laga Bali United kontra Madura United rencananya akan berlangsung Senin 11 Maret 2022 mulai pukul 20.30 WIB, sedangkan kontra Persebaya akan berlangsung Jumat 25 Maret 2022 mulai pukul 20.30 WIB, dan terakhir kontra Persik Kediri yang belum dirilis oleh PT Liga Indonesia Baru.

Sementara itu, Persib Bandung harus menjalani 3 laga sisa dalam putaran kedua serie kelima BRI Liga 1 dengan menghadapi Persebaya Surabaya, Persik Kediri, dan Barito Putera, dimana pada laga sebelumnya praktis hanya Persebaya yang mampu menyakiti Persib Bandung dengan keunggulan tiga gol tanpa balas.

Persik Kediri dan Barito Putera pada laga sebelumnya ketika bertemu dengan Persib Bandung dibuat tidak berdaya oleh tim yang berjuluk Maung Bandung atau Pangeran Biru tersebut meski dengan skor tipis satu gol tanpa balas.

Laga Persib Bandung menghadapi Persebaya Surabaya  direncanakan akan berlangsung pada hari Sabtu 19 Maret 2022 pukul 20.30 WIB. Sementara laga menghadapi Persik Kediri dijadwalkan pada hari Rabu 23 Maret 2022 pukul 20.30 WIB.  Laga terakhir menghadapi Barito Putera jadwalnya belum dipublikasikan PT Liga Indonesia Baru. 

Sebagai tambahan, dengan melihat perolehan skor Persib Bandung yang hingga laga ke-31 ini berhasil mengumpulkan 66 poin, sementara itu Arema FC yang berada di peringkat kelima memiliki poin 58 dengan sisa 3 pertandingan, maka ini artinya Persebaya Surabaya, Bhayangkara FC dan Arema FC masih memiliki peluang menjadi runner up Liga 1 Indonesia.