Allegri, Manajer Juventus Berhitung Hadapi Sampdoria


Juventus yang mencoba minimal mempertahankan posisi empat besar di papan klasemen Serie A 2021/2022 dengan torehan total 53 poin dari 28 laga sebelumnya, kini harus melakoni laga tandang ke markas Sampdoria.

Laga tersebut bagi kedua tim merupakan laga lanjutan Serie A pekan ke-29, yang rencananya diselenggarakan markas Sampdoria di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Minggu, 13 Maret 2022, pukul 00.00 wib. 

Laga kontra Sampdoria ini bagi Juventus adalah awal dari sisa sepuluh laga terakhir yang sangat menentukan perjalanan tim dalam pencapaian akhir kompetisi Serie A Italia 2021/2022, sehingga harus dimaksimalkan.

Pada laga sebelumnya, Juventus memiliki bekal kepercayaan diri yang cukup ketika berhasil meraih poin penuh ketika berhadapan dengan Empoli dengan skor 2 :  3 sebagai tim tamu dan ketika berhadapan dengan Spezia sebagai tuan rumah dengan skor 1 : 0.

Sementara Sampdoria harus menelan dua kali kekalahan beruntun dari dua laga sebelumnya di Serie A 2021/2022 ketika menghadapi tuan rumah Atalanta dengan skor 4 : 0, dan ketika bertamu ke markas Udinese dengan skor 1  :  0.

Pada dua kali pertemuan musim ini sebelumnya dalam kompetisi Serie A dan Piala Italia, Sampdoria tidak mampu menandingi ketanggulan Juventus.  Pada laga serie A ketika bertandang ke Turin, markas Juventus tanggal 26 September 2021, Sampdoria dipaksa mengakhiri pertandingan dengan skor 3  :  2.

Sedangkan pada laga babak 16 besar Piala Italia, Sampdoria yang bertamu ke Turin harus mengakui keunggulan Juventus dengan skor telak 4  :  1, yang memberi jalan Juventus masuk babak perempat final Piala Italia.

Meski secara historis, peluang Sampdoria menang melawan Juventus relatif kecil, namun sang manajer Juventus, Massimiliano Allegri mengharapkan tim asuhannya untuk bermain dengan konsentrasi maksimal.

Allegri berujar, “Sepakbola dimainkan dengan pisau - seperti yang ditunjukkan selama seminggu antara Real Madrid dan PSG. Ketika situasi tampaknya berjalan dengan baik, satu momen dapat mengubah segalanya. Jadi, konsentrasi perlu dijaga agar tetap maksimal”.

Apalagi mengingat laga kali ini bagi Juventus adalah laga tandang bertamu ke markas Sampdoria, maka laga kali ini akan memiliki kesulitannya sendiri.

Sang pelatih menyebut, “Menang di Genoa selalu sulit, baik melawan Genoa atau Sampdoria, mereka berubah saat bermain di kandang. Kami perlu memiliki karakter untuk mendapatkan hasil yang kami cari".

Hal ini mengingat fakta bahwa dalam dua pertandingan kandang dengan Marco Giampaolo sebagai pelatih, Sampdoria telah mencetak enam gol dan tidak kebobolan, dimana 25% dari gol yang dicetak terjadi dalam 15 menit pertama.