Instruksi Viera untuk Palace yang Bikin Man City Kurang Brilian Di Depan

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Manchester City dipaksa harus puas untuk berbagi angka dengan Crystal Palace dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris 2021/2022 karena tuan rumah Crystal Palace berhasil menahan imbang tanpa gol The Citizens.

Pada laga tersebut, tim asuhan Pep Guardiola tersebut melakukan segalanya di lapangan kecuali mencetak gol ke gawang Crystal Palace, setelah setidaknya empat upaya tendangan dari beberapa pemain kunci Man City harus kandas tanpa gol.

Upaya pemain seperti Joao Cancelo dan Kevin De Bruyne yang berusaha menyarangkan bola ke gawang lawan hanya menghasilkan bola yang membentur tiang gawang dan bahkan upaya Bernardo Silva dua kali pun tak membuahkan hasil.

Kenyataan ini tidak dapat dilepaskan dari fakta bahwa Crystal Palace yang berjuluk The Eagles tersebut terlihat terlatih dengan baik untuk berhasil menetralisir semua tekanan Man City sepanjang laga dalam laga yang penuh aksi dari kedua belah pihak.

Pep Guardiola sendiri pasca laga mengatakan tidak memiliki keluhan tentang hasil melawan Crystal Palace.  Sang manajer Man City tersebut melihat timnya menciptakan banyak peluang dalam hasil imbang tanpa gol, dan bahkan mengaku senang selama para pemainnya memberikan segalanya dan menciptakan peluang. 

Dalam laga tersebut, secara statistik Man City unggul segalanya, dimana skuad berseragam biru muda tersebut telah mencoba melakukan 18 kali tembakan dan berbanding tujuh bagi Crystal Palace, serta dengan 74% penguasaan bola.

Guardiola menyebut, “Mereka tahu bahwa ketika mereka bermain seperti ini, tidak ada yang perlu dikatakan.  Kami melakukan segalanya. Apa yang saya inginkan dari tim saya adalah melakukan yang lebih baik daripada lawan”.

 Sang manajer itu pun menambahkan, "Sekarang kami memiliki empat poin dan satu pertandingan lagi. Kami harus memenangkan banyak pertandingan.  Masih ada sembilan pertandingan, banyak poin tersisa. Kami tidak brilian di depan, tetapi secara umum itu adalah permainan yang sangat bagus".

Sementara itu, bagi Crystal Palace berhasil menjaga kehilangan poin sama sekali ketika menjamu tim sekelas Man City adalah sebuah pencapaian tersendiri.  Salah satu pemain Cyrstal Palace ketika berbicara kepada pers setelah pertandingan, Clyne mengatakan tentang pesan pelatih pra-pertandingan.

Clyne berujar, "Dia [Vieira] baru saja mengatakan untuk bermain dengan energi. Hadapi mereka, jangan membuatnya mudah dan letakkan kaki kita di tekel. Ketika kami menguasai bola, mari mainkan dengan cepat dan mainkan kecepatan kami di depan untuk masuk ke area di mana kami bisa membuatnya berbahaya".

Pemain ini pun mengungkapkan perasaannya ketika Crystal Palace berhasil menahan imbang tim asuhan Pep Guardiola, Clyne mengatakan, “Taktik yang kami susun hari ini, kami mempersulit mereka. Kami menyerang mereka dengan baik saat melakukan serangan balik dan terlihat berbahaya saat melakukan serangan balik, terutama dengan kecepatan yang kami miliki di depan. Kami bertahan dengan sangat baik dan membuat mereka frustrasi dengan peluang terbatas dan saya pikir kami sepenuhnya pantas mendapatkan hasil imbang”.

Manajer Crystal Palace sendiri, Patrick Vieira memuji seluruh timnya setelah bermain imbang 0 : 0 dengan Manchester City dan mengatakan, "....kami menunjukkan sebagai tim kami berkembang. Salah satu tantangannya adalah terkadang kami tidak memiliki penguasaan bola sehingga kami harus bekerja keras untuk mendapatkan bola kembali. Jika kami berhasil memahami itu dan bisa konsisten, kami akan meningkat".