7 Rekor Baru Liverpool, Pelatih dan Pemain Pasca Tekuk West Ham di Anfield


Liverpool sukses mengamankan 3 poin di kandang sendiri ketika menjamu West Ham dalam laga lanjutan Liga Premier Inggris 2021/2022 pekan ke-27 bagi kedua tim, hari Minggu 6 Maret 2022, dini hari wib.

Tendangan Mane yang berbuah gol pada menit ke-27 di Anfield sudah cukup membuat tuan rumah mengatasi perlawanan tim tamu dan sekaligus memastikan Liverpool dalam trek untuk terus mengejar ketertinggalan poin dari Manchester City.

Pada laga tersebut selain meraih kemenangan berharga, Liverpool bersama tim juga berhasil mengukir pencapaian baru dalam beberapa hal, termasuk pencapaian bagi Liverpool sendiri, bagi palatih kelapa dan beberapa pemainnya.

Pertama, Liverpool berhasil menorehkan rekor menjadi tim Liga Premier keempat yang mencapai tonggak sejarah papan atas. Kemenangan 1 : 0 atas West Ham di Anfield adalah kemenangan ke-600 The Reds di era Liga Premier, sebagaimana telah diraih Manchester United, Arsenal dan Chelsea.

Kedua, Trent Alexander-Arnold mencatatkan assist ke-11 di Liga Premier musim ini pada babak pertama melawan West Ham, melampaui pencapaian assist Moh Salah (10 assist) dan menembus posisi teratas assist Liga Premier untuk sementara ini.

Ketiga, Assist Trent Alexander-Arnold ke area penalti untuk Mane merupakan assistnya yang ke-16 musim ini di semua kompetisi, melampaui torehan 15 assistnya di musim 2018-19 dan 2019-20, yang berarti telah menghasilkan pencapaian terbaik dalam karirnya hingga saat ini.

Keempat,  Virgil van Dijk mencetak rekor Liga Premier untuk sebagian besar pertandingan kandang untuk satu tim tanpa kekalahan di Liga Premier. Bek asal Belanda ini telah memenangkan 52 kali dan delapan kali seri membela Liverpool di Anfield, dan tidak pernah merasakan kekalahan.

Pencapaian 60 pertandingan tak terkalahkan ini membuat Virgil van Dijk melewati pencapaian Lee Sharpe sebelumnya dengan 59 pertandingan kandang Liga Premier untuk satu klub tanpa pernah merasakan kekalahan.  

Kelima, Sadio Mane membuat lima gol dalam lima pertandingan terakhirnya di Liga Premier Inggris 2021/2022, dengan membuat golnya total menjadi 12 untuk musim ini, meski masih di bawah pencapaian Moh Salah yang sejauh ini mengoleksi 19 gol di Liga Premier. 

Keenam, Sadio Mane juga berhasil mempertahankan catatan pencapaian kuatnya ketika melawan West Ham, tim yang berjuluk "The Hammers" secara keseluruhan, mengantongi gol keenamnya dalam tujuh pertandingan melawan tim London tersebut.

Ketujuh, Jurgen Klopp berhasil mempertahankan rekor ganda, dimana Liverpool di bawah besutannya selama ini tidak pernah mengalami kekalahan ganda dan berhasil mempertahankannya saat melawan West Ham.  

Sepanjang Liga Premier Inggris 2021/2022 dimulai hingga saat ini, Liverpool hanya kalah ketika bertandang ke markas West Ham tetapi mampu memenangkannya ketika West Ham bertamu di Anfield, demikian juga ketika Liverpool dikalahkan Leicester City di dalam laga tandang kemudian mampu menang di Anfield.