6 Laga Tersisa, Mengapa Hanya 5 Tim yang Masih Berpeluang Jawara BRI Liga 1?


Sepanjang gelaran BRI Liga 1 yang dimulai tanggal 27 Agustus tahun 2021 yang lalu hingga saat ini, sebagian besar klub peserta telah menjalani 28 pertandingan yang menandai berakhirnya putaran kedua serie keempat BRI Liga 1.  

Namun demikian, masih tersisa 2 tim yang baru menjalani 27 laga, Persija Jakarta dan Persipura Jayapura, serta 1 tim lainnya yang baru menjalani 26 laga, Madura United.

Lima tim papan atas berdasarkan perolehan poin sementara, tampaknya masih memiliki kans menjadi kandidat jawara Liga 1 apabila dihitung peluangnya berdasarkan pada perolehan poin setelah menjalani laga hingga pekan ke-28.

Hingga saat ini, di posisi puncak klasemen bertengger Bali United dengan mengumpulkan 60 poin, sementara Persib Bandung menyusul di peringkat kedua, dengan selisih 3 poin karena mengoleksi total 57 poin sejauh ini.

Pada peringkat ketiga ada Arema FC yang baru mengoleksi 55 poin bersamaan dengan Bhayangkara FC di peringkat keempat, yang membedakannya adalah Arema FC unggul di selisih gol dengan 17 gol, sedangkan Bhayangkara FC sejauh ini mengoleksi 15 selisih gol.

Sementara itu, Persebaya Surabaya yang ada di peringkat kelima pun masih memiliki kans yang sama menjadi jawara BRI Liga 1 mengingat sejauh ini Persebaya berhasil mengumpulkan 54 poin dari 28 laga sebelumnya.

Borneo FC yang bertengger di peringkat keenam dan hanya mengoleksi 39 poin dari 28 laga sudah tidak memungkinkan laga masuk dalam persaingan perebutan tangga jawara Liga 1.  Hal ini mengingat meski Borneo FC berhasil menyapu bersih 6 laga tersisa, hanya akan mampu mengoleksi 57 poin.

Ini artinya, meski Bali United tidak mampu mengamankan satu poin pun dari 6 laga tersisa, perolehan poinnya saat ini masih di atas Borneo FC meski telah mengamankan seluruh poin dari 6 laga tersisa.

Sementara itu, para kandidat jawara dari 5 tim tersebut masih harus menjalani laga sisa Liga 1 dengan total ada 6 pertandingan  sebelum akhirnya resmi menyelesaikan seluruh putaran laga dalam kompetisi sepak bola Indonesia di musim ini.

Persebaya Surabaya otomatis akan tersingkir jika pada dua laga dalam putaran kedua di awal serie 5 BRI Liga 1 harus menelan kekalahan ketika menghadapi Persita dan Persik, sedangkan di sisi lainnya Bali United berhasil mengamankan 3 poin dari Persija dan mencuri 3 poin dari Persiraja.

Semua tim di bawah peringkat tim lainnya dalam perebutan peluang jawara Liga 1 hanya menunggu tim peringkat di atasnya terpeleset dari laga yang dijalani, sementara timnya sendiri berharap berhasil mengamankan poin penuh.

Selebihnya, skenario tim mana yang tersingkir dan tim mana yang masih mempertahankan kans jawara BRI Liga 1 2021/2022 tergantung dari pencapaian sisa 6 laga berikutnya hingga akhirnya seluruh putaran laga dalam kompetisi sepak bola Indonesia di musim ini berakhir.