Performa 2022, Benarkah Barcelona Lebih Baik dari Madrid?


Pada tahun 2021, performa Barcelona sempat terseok-seok di klasemen papan tengah La Liga 2021/2022 setelah mengakhiri beberapa laga dengan hasil kurang memuaskan di kompetisi liga domestik, dan bahkan pada level kompetisi Eropa, harus tersingkir dari Liga Champions.

Namun pada laga bergengsi bertajuk El Classico, secara mengejutkan Barcelona mampu menggulingkan keperkasaan Real Madrid di Santiago Bernabeu pada laga lanjutan putaran kompetisi La Liga 2021/2022 pada laga pekan ke-28 bagi Barcelona dan pekan ke-29 bagi Real Madrid.

Real Madrid dibuat tidak mampu mencetak satu gol pun di kandang sendiri, sementara sang tamu mampu melesakkan 4 gol ke gawang Real Madrid, masing-masing 2 gol di babak pertama dan 2 gol tambahan di babak kedua.

Pada satu sisi, ini dibilang mengejutkan akan tetapi apabila dilihat trend performa Barcelona sepanjang tahun 2022, tampaknya ini bukan suatu perkara yang terlalu sulit, mengingat Barcelona sedang dalam performa yang cukup bagus saat ini. 

Setelah di bawah penanganan Xavi Hernández, Barcelona lambat laun mulai berhasil memainkan sepakbola yang bagus dan terlihat hasilnya dalam beberapa pekan terakhir di tahun 2022 ini, dimana Barca saat ini mampu bertingger di peringkat ketiga dan masih menyisakan satu laga.

Barcelona saat ini dituntut untuk mampu membuktikan diri menghadapi tantangan berikutnya La Liga, untuk melawan tim yang saat ini menempati posisi kedua, Sevilla, salah satu tim yang belum terkalahkan di La Liga sejak awal 2022.

Laga Barcelona kontra Sevilla direncanakan akan digelar di Camp Nou pada hari Minggu 3 April pukul 21.00 CEST atau hari Senin, 4 April 2022, pukul 02.00 wib dini hari, yang artinya ini laga kandang bagi Barca dan laga tandang bagi Sevilla.

 

Performa 2022: Lebih Baik dari Madrid, Tetapi Masih Tertinggal dari Liverpool

Sepanjang tahun 2022 ini, Barca telah berhasil mengoleksi 26 poin dari 30 poin maksimal yang mungkin diperoleh dalam 10 pertandingan terakhir. Fakta ini menegaskan Barça adalah tim terbaik di La Liga sepanjang awal tahun 2022 hingga saat ini.

Sementara itu, Atlético Madrid berada di bawah Barca, dengan koleksi 25 poin, bersama Villarreal dan Real Madrid. Apabila dilihat dalam skala lima laga Eropa teratas, maka hanya Liverpool yang mengumpulkan lebih banyak poin dibanding Barcelona dengan 28 poin pada 2022. 

Barcelona berhasil memenangkan delapan laga dan dua hasil imbang dari 10 laga yang telah dijalani pada tahun 2022 hingga saat ini, sehingga mampu mengoleksi total 54 poin dan naik ke posisi ketiga dalam klasemen sementara La Liga. 

Melalui pencapaian performa tersebut, Barça telah berhasil mencetak 27 gol dalam 10 laga tersebut, sementara hanya kebobolan tujuh gol dan mampu menjaga clean sheet pada empat kesempatan laga. terakhir ketika berhadapan dengan Real Madrid.

Pengaruh Aubameyang dan Ferran Torres

Sebagaimana diketahui, peforma Barcelona pada paruh pertama musim ini terlihat mengalami masalah dalam mencetak gol.  Namun,  setelah kedatangan Aubameyang dan Ferran Torres dari bursa transfer Januari terbukti membuat performa Barcelona berangsur membaik.

Aubameyang sendiri ketika membela Barca telah berhasil mencetak sembilan gol di semua level kompetisi, sedangkan Ferran Torres enam gol, dimana pada laga liga domestik La Liga 2021/2022 hingga saat ini, Aubameyang mencetak tujuh gol dan Torres empat gol sejak pergantian tahun.

Sementara itu, Dembélé juga berhasil menunjukkan performa yang bagus dengan menyumbangkan tujuh assist bagi terciptanya gol-gol Barca pada 2022 hingga saat ini, lebih banyak dari siapa pun di lima liga top Eropa. 

Pada kompetisi level Eropa dalam partisipasinya di Liga Europa setelah tersingkir dari Liga Champions,
Barçelona belum tersentuh kekalahan pasca dipaksa meraih hasil imbang di kandang melawan Napoli saat laga play off dan ketika menghadapi Galatasary di babak 16 besar. 

Namun hasil kurang memuaskan pada laga leg pertama tersebut akhirnya terbayar sudah ketiga Blaugrana berhasil meraih kemenangan tandang yang luar biasa di kedua laga, namun harus puas dengan hasil seri melawan Eintracht Frankfurt di perempat final. 

 

Namun, Sepanjang Musim Barca Masih Tertinggal dari Madrid

Barcelona memang menampakkan performa yang meningkat pesat pada tahun 2022 baik di level liga domestik maupun ketika berlaga di kompetisi level Eropa, bahkan berhasil mengalahkan Real Madrid pada laga baru-baru ini.

Namun pada tahun 2022, Barca juga masih mencatatkan kekalahan 3 : 2 di Copa del Rey di San Mamés melawan Athletic Club de Bilbao. Kekalahan lainnya ketika melawan Real Madrid di semi final Piala Super Spanyol dengan skor 3 : 2 untuk kemenangan Real Madrid melalui babak perpanjangan waktu.

Bahkan sepanjang musim ini hingga saat ini, sudah tiga kali Barcelona berhadapan dengan Real Madrid, dan hasilnya dua kali kalah, yakni ketika pertemuan pertama di La Liga 2021/2022 dengan skor tipis 1  :  2 di Camp Nou, kemudian di semi final Piala Super Spanyol dengan skor 3 : 2 untuk kemenangan Real Madrid, namun berhasil menang di Santiago Bernabeu dengan skor 0 :  4. 

Selebihnya ketika Real Madrid hingga saat ini berhasil melaju ke babak perempat final Liga Champions, Barcelona harus tersingkir dari kompetisi tersebut untuk bermain di Liga Eropa, dan di liga domestik La Liga, Real Madrid masih bertengger di puncak klasemen.