12 Pencapaian Baru Chelsea Kontra Burnley, Mendy Dapat Penghargaan


Chelsea berhasil mencuri 3 poin ketika bertandang ke kandang Burnley ketika unggul dengan 4 gol tanpa balas pada laga lanjutan Liga Premier Inggris 2021-2022 pekan ke-26 bagi  kedua tim pada hari Sabtu, 5 Maret 2022 wib.

Empat gol Chelsea disumbangkan Reece James pada menit ke-47, Kai Havertz pada menit ke-53 dan menit ke-55, serta Christian Pulisic pada menit ke-69, tanpa satupun gol balasan dari tuan rumah Burnley. 

Hasil laga ini memperkokoh cengkeraman dominasi The Blues atas Burnley sepanjang tim tersebut berlaga di kancah Liga Premier Inggris dan harus berhadapan dengan Chelsea. Pencapaian laga terakhir ini meneguhkan bahwa: 

Pertama, Chelsea hanya kalah sekali dari 16 pertandingan Liga Primer melawan Burnley (11 kemenangan, empat seri), dimana kekalahan Chelsea terjadi dengan skor 2 : 3 di Stamford Bridge pada laga pembukaan Liga Premier Inggris 2017/2018.

Kedua, The Blues berhasil memenangkan tujuh dari delapan pertandingan tandang Liga Primer Inggris kontra Burnley, mencetak minimal dua gol di setiap kemenangan. Chelsea tidak terkalahkan di markas Burnley setelah kalah 0 : 3 dari Burnley pada April 1983 di Divisi II yang lama.

Ketiga, Chelsea terakhir kali kalah dari Burnley pada laga papan atas di markas Burnley pada Agustus 1973 ketika The Blues kebobolan gol Frank Casper pada menit ke-80. Sementara laga terakhir kontra Burnley, Chelsea berhasil menang 4 gol tanpa balas.  

Keempat, kecuali laga terakhir, 10 gol sebelumnya Liga Primer kontra Burnley semuanya telah dicetak oleh pemain yang berbeda: Willian, Jorginho, Tammy Abraham, Callum Hudson-Odoi, Hakim Ziyech, Kurt Zouma, Timo Werner, Cesar Azpilicueta, Marcos Alonso dan Kai Havertz.

Kelima, Chelsea berhasil memenangkan tiga laga beruntun di Liga Primer Inggris 2021/2022 untuk pertama kalinya sejak Oktober 2021, dimana laga ketiga ketika bertandang ke markas Burnley dengan skor 0  :  4 untuk kemenangan The Blues.

Keenam, The Blues adalah tim yang kebobolan gol tandang liga paling sedikit dibanding tim-tim lainnya yang bertengger di papan atas Liga Premier Inggris 2021/2022 (kebobolan delapan gol dari total 14 pertandingan tandang). 

Ketujuh, Chelsea adalah satu-satunya tim yang mencatatkan clean sheet lebih banyak pada laga tandang di Liga Primer Inggris 2021/2022, dimana hingga laga terakhir kontra Burnley berhasil mencatatkan delapan clean sheet.

Kedelapan, pada laga tandang ke Burnley, The Blues telah memainkan pertandingan liga ke-3500 ketika bertengger di papan atas. Pada laga pertama, The Blues menelan kekalahan 2 : 4 di kandang dari Sheffield United pada tahun 1907.

Kesembilan, Chelsea tidak pernah kalah di babak pertama dalam 25 pertandingan Liga Primer Inggris 2021/2022, dan menjadi 26 pertandingan ketika berhasil menekuk Burnley 4 gol tanpa balas dalam laga tandang.

Kesepuluh, pasukan Thomas Tuchel telah dikalahkan dua kali dalam 34 pertandingan di semua kompetisi dengan memenangkan 22 pertandingan di antaranya (tidak termasuk kekalahan dengan adu penalti).

Kesebelas, Chelsea telah mencetak 14 gol yang dihasilkan dari sepak pojok musim ini, tiga gol lebih banyak dari yang dicapai sepanjang musim 2020/21.

Keduabelas, setelah kemenangan laga kontra Burnley, Chelsea berhasil menjadi tim ketiga yang mencapai perolehan di atas 50 gol di Liga Primer Inggris 2021/2022, dimana Man City (64) dan Liverpool (70) adalah dua tim lainnya.

Sementara itu pada waktu yang hampir bersamaan, penjaga gawang utama dan andalan Chelsea, yang merupakan pemain internasional Timnas Sinegal, Edouard Mendy mendapat anugerah menjadi pemenang dalam ajang penghargaan "London Football Awards 2022".

Mendy menjadi penjaga gawang Chelsea kedua yang berhasil menerima penghargaan Goalkeeper of the Year di London Football Awards, setelah sebelumnya penghargaan yang sama diberikan kepada Thibaut Courtois pada 2014/15. 

Mendy terpilih dengan menyingkirikan pemain unggulan nominasi lainnya Dean Bouzanis (Sutton United), Lukasz Fabianski (West Ham United), Hugo Lloris (Tottenham Hotspur) dan Aaron Ramsdale (Arsenal).

Pemain Timnas Senegal itu berhasil mencatatkan 15 clean sheet yang mengesankan dan hanya kebobolan 19 gol dalam 30 penampilannya hingga saat ini di semua kompetisi ketika tambil bersama Chelsea.

Pasca memenangi Liga Champions 2021 lalu, Mendy bersama The Blues berhasil menambah koleksi trofi ketika memenagkan Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA, serta dalam kancah internasional bersama Timnas Senegal berhasil memenangkan Piala Afrika.