Liverpool vs Inter Milan: Jadwal, Perubahan Aturan dan Formasi Skuad

Perhelatan pertandingan babak 16 besar atau perdelapan final Liga Champions 2021/2022 dijadawalkan akan berlangsung pada tanggal 15 Februari 2022 hingga 16 Maret 2022.

Pada tahap perdelapan final liga Champions melibatkan partisipasi dari 16 klub liga Eropa yang lolos babak penyisihan group dalam format 8 pertandingan, home and away, sistem gugur dengan babak perpanjangan waktu dan adu penalti.

UEFA telah menghapus aturan gol tandang dari Liga Champions musim ini.  Artinya, apabila pertandingan berakhir imbang pada akhir leg kedua, perpanjangan waktu dan penalti akan dilakukan sesuai kebutuhan, terlepas dari jumlah gol tandang yang dicetak masing-masing tim.

Pada perdelapan final kali ini, direncanakan akan menggelar 8 pertemuan laga home and away sistem gugur, antara Liverpool vs Inter Milan, Sporting CP vs Manchester City, Paris Saint Germain vs Real Madrid.

Berikutnya, Salzburg vs Bayern Munich, Chelsea vs Lille, Villarreal vs Juventus, Benfica vs Ajax, dan Atletico Madrid vs Manchester United.

Liverpool kontra Inter Milan dijadwalkan akan bertemu dalam laga sistem gugur dengan format home and away, masing-masing pada leg pertama akan diselenggarakan di San Siro tanggal 17 Februari 2022, pukul 03.00 wib, sedangkan leg kedua diselenggarakan di Anfield pada tanggal 9 Maret 2022, pukul 03.00 wib.

Pemain yang Terlibat

Pada laga ini, masing-masing tim telah mengajukan perubahan skuad mengingat adanya perubahan pemain ketika bursa transfer berlangsung pada bulan Januari 2022 sebelumnya.  

Liverpool menambahkan Luis Diaz untuk sistem gugur ini dan menghapus Nathaniel Philips karena pindah ke AFC Bournemouth dengan status pinjaman.  Inter Milan menambahkan Felipe Caicedo dan Robin Gosens dengan mengeluarkan Aleksandar Kolarov dan Stefano Sensi. 

Daftar Skuad Liverpool, terdiri dari:   Alisson, Adrian, Kelleher, Van Dijk, Konate, Gomez, Tsimikas, Robertson, Matip, Alexander-Arnold, Fabinho, Thiago, Milner, Keita, Henderson, Oxlade-Chamberlain, Elliott, Firmino, Mane, Salah, Minamino, Jota, Diaz, Origi.

Daftar Skuad Inter Milan, terdiri dari:  Samir  HANDANOVIC, DUMFRIES Denzel, Roberto GAGLIARDINI, Stefan  DE VRIJ, Alexis  SANCHEZ, Matias  VECIN, Edin  DZEKO, LAUTARO Martinez, Andrea RANOCCHIA, Ivan PERISIC, Robin GOSENS, Joaquin  CORREA, Hakan  CALHANOGLU, Alex CORDAZ, Arturo VIDAL, Nicolo  BARELLA, Federico DIMARCO, Danilo D'AMBROSIO, Matteo DARMIAN, Milan SKRINIAR, Marcelo BROZOVIC, Felipe CAICEDO, Alessandro BASTONI, dan Ionut Andrei RADU. 


Prediksi formasi pemain starting eleven

Inter Milan: Handanovic; kriniar, De Vrij, Bastoni; Dumfries, Vidal, Brozovi, alhanoğlu, Periši; Džeko, Lautaro Martínez

Liverpool : Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Thiago; Salah, Firmino, Mané

 

Head to Head Inter Milan vs Liverpool

Tepat menjelang laga kontra Inter Milan di perdelapan final atau babak 16 besar Liga Champions, Liverpool pada laga sebelumnya telah berhasil memenangkan enam laga secara berturut-turut di semua kompetisi.

Sedangkan Inter Milan baru saja bermain imbang dengan Napoli dan mengalami pukulan besar ketika dikalahkan AC Milan dalam laga lanjutan kompetisi Serie A 2021/2022, tetapi memenangkan laga kontra AS Roma, pada laga perempat final Copa Italia.

Pada saat ini, untuk sementara Inter Milan tergusur dari puncak klasemen oleh AC Milan setelah hanya mampu bermain imbang dengan Napoli, tetapi masih menyisakan satu laga dibanding dengan klub pesaing satu kota (Kota Milan) dan satu markas (Stadion San Siro).

Sementara itu, Liverpool beberapa raihan positif di laga terakhir semakin mendekati pemuncak klasemen sementara, Manchester City dengan selisih 9 poin dan menyisakan satu laga dibanding Manchester City.

Pada putaran babak penyisihan Liga Champions 2021/2022, Inter Milan berada telah berlaga di babak penyisihan Liga Champions UEFA untuk ke-11 kalinya, tetapi yang pertama dalam sepuluh tahun terakhir setelah menjadi runner-up dari Real Madrid di Grup D.

Sementara Liverpool, dengan kemenangan laga putaran keenam di San Siro melawan AC Milan, merupakan Klub Inggris pertama yang memenangkan seluruh enam pertandingan fase group Liga Champions UEFA saat mengakhiri Grup B dengan 11 poin.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada fase Liga Champions UEFA 2007/2008, Liverpool menang agregat 3-0.  Dua gol pada laga kandang Liverpool disumbang Dirk Kuyt (85) dan Steven Gerrard (90) di Anfield pada 19 Februari 2008, dan satu gol kontribusi dari Fernando Torres pada laga tandang menit ke-64 di San Siro.

Pada pertemuan sebelumnya, yang terjadi di semifinal Piala Eropa 1964/1965, ketika Inter Milan berhasil meredam perlawanan Liverpool dan maju ke babak final mengalahkan Benfica 1  :  0, merebut gelar kedua dari tiga Piala Eropa yang dimenangkan.