7 Perubahan Skuad, Liverpool Libas Norwich Skor 3 : 1


Liverpool menikmati hasil positif dengan mengamankan 3 poin penuh saat berlaga menghadapi Norwich City di Anfield dalam laga lanjutan Liga Premier Inggris 2021/2022 pekan ke-25 bagi The Reds, Jumat, 19 Februari 2022, pukul 22.00 wib.

Sejak awal laga, pasukan Jurgen Klopp tampil sangat dominan dalam penguasaan bola hingga mencapai lebih dari 70%, termasuk dalam upaya percobaan tendangan, yang sebagian darinya ada beberapa peluang emas namun belum juga terbayar dengan gol hingga babak pertama usai.  

Sempat tercipta dua gol di babak pertama, tetapi keduanya dianulir. Gol pertama untuk Norwich terjadi pada menit ke-2 ketika tendangan keras Rashica tidak mampu diantisipasi Alisson, tetapi penyerang Norwich tersebut sudah terlanjur dalam posisi offside ketika bergerak.

Gol kedua yang dianulir datang dari Liverpool, ketika gol Van Dijk menggetarkan gawang Norwich tetapi sayangnya Jordan Henderson sudah terlanjur dalam posisi offside dan laga babak pertama berakhir tanpa gol di kedua sisi.

 

Terjadinya Gol di Kedua Sisi

Liverpool justru tertinggal lebih awal di babak kedua oleh Norwich ketika gol Rashica bersarang di jaring gawang Alisson pada menit ke-48, setelah bola tendangan Rashica memantul mengenai kaki Joel Matip terlebih dahulu sehingga sulit diantisipasi Alisson.

Butuh waktu sekitar 16 menit bagi Liverpool untuk menyamakan kedudukan melalui gol akrobatik dengan salto dari Mane setelah sebelumnya Klopp melakukan sedikit perubahan strategi dengan mempertajam lini serang dan penyegaran di lini tengah.  

Alex Oxlade-Chamberlain yang berposisi gelandang digantikan posisinya oleh Thiago Alcantara pada menit ke-62 dan pada saat yang sama, Naby Keïta yang berposisi sebagai gelandang digantikan oleh Divock Origi yang berposisi sebagai penyerang, dan gol terjadi dua menit setelahnya. 

Hanya butuh waktu 3 menit dari gol pertama bagi Liverpool untuk menggandakan keunggulan ketika bola tendangan penjaga gawang Alisson langsung mengarah tepat di depan kotak penalti Norwich dan dieksekusi secara sempurna oleh Moh Salah setelah mengelabuhi penjaga gawang.

Gol ketiga tercipta 14 menit kemudian ketika umpan jauh terobosan Jordan Henderson menemukan Luis Diaz di depan kotak penalti, yang mengeksekusi bola dengan sempurna ke gawang Norwich, kedudukan 3  :  1 bertahan hingga laga usai. 

 

Perubahan Skuad Liverpool

Sebagaimana diketahui,  Liverpool menjalani laga tandang kontra Inter Milan yang berakhir dengan skor 0  :  2 untuk keunggulan The Reds sebagai tim tamu pada Rabu malam atau Kamis dini hari wib di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Pada laga kontra Inter Milan tersebut, Liverpool memasang formasi skuad untuk Starting Line Up atau Starting Eleven terdiri dari: Alisson, Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson, Fabinho, Thiago, Elliott, Mane, Salah, Jota.  

Sedangkan duduk di bangku cadangan: Kelleher, Milner, Keita, Firmino, Gomez, Henderson, Oxlade-Chamberlain, Minamino, Tsimikas, Diaz, Origi, Matip.

Dengan formasi skuad tersebut, gol pertama Liverpool datang dari Firmino yang dimasukkan dari bangku cadangan di San Siro dan membuka skor dengan sundulan klinis dari sepak pojok pada menit ke-75. Delapan menit kemudian, Salah mencetak gol untuk memberi The Reds keunggulan dua gol. 

Setelah berhasil mengatasi perlawanan Inter Milan, dan menjelang menghadapi  Norwich City, Jurgen Klopp memilih untuk melakukan perubahan kembali dengan memasukkan penyerang anyar Luis Diaz menjadi salah satu pemain Starting XI di Anfield.

Pada posisi lini serang Liverpool, selain Luis Diaz yang menggantikan posisi Diogo Jota (kontra Inter Milan), akan diperkuat oleh dua pemain penyerang lainnya yang sudah menjadi langganan pilihan Jurgen Klopp, yakni Sadio Mane dan Moh Salah. 

Sementara pada lini tengah, Jurgen Klopp memilih menempatkan Jordan Henderson, Naby Keita dan Alex Oxlade-Chamberlain menggantikan posisi yang ditempati Fabinho, Thiago, Elliott ketika menghadapi Inter Milan.

Terakhir, pada posisi lini pertahanan, Jurgen Klopp mempertahankan Van Dijk dan menempatkan Gomez, Matip, Tsimikas, menggantikan posisi yang sama yang ditempati sebelumnya oleh Alexander-Arnold, Konate, Robertson ketika menghadapi Inter Milan

Menjelang laga kontra Norwich City, pergantian Diogo Jota karena diharuskan absen diakibatkan mengalami masalah cedera pergelangan kaki, sementara Roberto Firmino absen karena cedera otot yang sedang dinilai.

Secara singkat, Starting XI Liverpool:  Alisson, Gomez, Matip, Van Dijk, Tsimikas, Henderson, Keita, Oxlade-Chamberlain, Mane, Diaz, Salah.  Cadangan: Kelleher, Fabinho, Konate, Thiago, Milner, Minamino, Robertson, Origi, Elliott.