11 Penilaian Jurgen Klopp Setelah Liverpool Membekuk Leichester 2 Gol Tanpa Balas

Liverpool berhasil mengamankan 3 poin ketika menjamu Leichester City pada laga lanjutan Liga Premier Inggris pekan ke-23 bagi The Reds, sehingga memperkecil jarak dengan pemuncak klasemen Liga Inggris Manchester City menjadi sembilan poin, dengan satu pertandingan tersisa.

Diogo Jota mencetak dua gol untuk Liverpool pada laga ini yang membuat The Reds mengalahkan The Foxes, sehingga pemain lini serang ini berhasil menambah jumlah golnya untuk musim ini menjadi 17 gol atau telah mengoleksi 12 gol Liga Premier musim ini.

Sang penyerang membuat The Reds memimpin pada menit ke-34, mengonversi dari jarak dekat setelah sundulan Virgil van Dijk dari sepak pojok berhasil ditepis. Gol kedua tercipta setelah menerima umpan matang dari  Joel Matip dan dieksekusi ke jaring gawang dari jarak dekat pada menit ke-87.

Sementara Luis Diaz diplot menjadi salah satu starting eleven, dan Mohamed Salah menandai kembalinya ke Liverpool bermula dari bangku cadangan dan bermain di babak kedua mulai menit ke-60 menggantikan Firmino.

Setelah laga usai dengan kemenangan 2 : 0 Liverpool atas Leichester City, manajer Liverpool, Jurgen Klopp angkat bicara soal permainan timnya ketika melayani perlawanan Leichester City di Anfield, beberapa pernyataan Klopp seputar permainan dan 3 pemainnya.

Pertama, Klopp mengakui  melihat banyak permainan sepakbola Liverpool yang bagus pada laga tersebut, tetapi ada saat-saat ketika berharap Liverpool bisa mengendalikan permainan sedikit lebih banyak, ketika para pemain The Reds memberi Leicester setidaknya terlalu banyak menguasai bola.

Kedua, Klopp secara fair mengakui bahwa bagaimanapun, hasil laga tersebut adalah dua gol yang luar biasa, bisa saja mencetak lebih banyak dan Liverpool pantas memenangkannya dan mengakui senang tentang itu.

Ketiga,  Klopp mengaku berpikir, 'Ayo, mari kita coba' untuk Luis Diaz ketika memainkannya di babak kedua kontra Cardiff dan salah satu pemain Starting Eleven kontra Leichester, mengingat ada banyak hal yang dilihat saat bermain untuk Porto dan berpikir, 'Ya, itulah yang kami ingin dia lakukan juga' 

Keempat, Klopp mengungkapkan Luis Diaz tampaknya adalah anak sepakbola yang sangat cerdas, jelas telah cukup banyak menonton Liverpool. Kami tidak membebani pemain baru dengan informasi di minggu pertama dan memberi tahu mereka semua yang kami ingin mereka lakukan, kami hanya melihatnya.

Kelima, Klopp menjelaskan beberapa menit terakhir ketika Luis Diaz masuk melawan Cardiff, dan sekarang situasinya dibuat untuk itu karena Sadio baru pulang tadi malam dan mungkin masih di tempat tidur dan Mo setelah empat kali 120 menit, jelas dia tidak akan memulai juga (starting elevan).

Keenam, Klopp mengapresiasi Jota dengan mengatakan, "Saya suka 1-0, sejujurnya… Saya juga suka 2-0 dan 3-0! Ya, saya tahu apa yang Anda maksud. Dia jelas dalam momen mencetak gol yang sangat bagus, yang sangat membantu". 

Ketujuh,   Klopp menilai perkembangan Jota, dengan menegaskan, "Kami tahu dia bagus, [tetapi] kami tidak tahu seberapa bagus - atau di mana - batasnya atau ke mana dia bisa pergi dan saya tidak yakin dia sudah ada di sana, dia hanya meningkat".

Kedelapan, Klopp memuji Jota, dengan mengutarakan, "Jika Anda berbicara dengannya, Anda akan menyadari bahwa dia adalah orang yang sangat cerdas, jadi dia akan menilai semua itu dengan benar dan kemudian akan menggunakannya untuk langkah selanjutnya".

Kesembilan, Klopp menilai permainan Moh Salah setelah dimasukkan pada menit ke-60 babak kedua, "Saya pikir situasi pertama luar biasa, serangan balik (Moh Salah). Langkah pertama adalah jenius; bek Leichester terpeleset dan Moh Salah terus maju. 

Sayangnya, penjaga gawang Leichester, Kasper Schmeichel tampir sangat baik, dengan melakukan penyelamatan yang luar biasa dan pemain dari belakang yang membuat Moh Salah terjatuh itu pasti tekel, meski Liverpool menang 2 : 0.

Kesepuluh, Klopp menyebut manuver brilian Moh Salah lainnya, dengan menyebut, "Kemudian mistar gawang atau tepi gawang (maksudnya tendangan Salah yang membentur sudut tiang gawang), situasi yang luar biasa, dan yang lainnya saya lupa tapi itu hanya Mo"

Kesebelas, Jurgen Klopp mengungkapkan, "saat itu (sebelum Moh Salah masuk lapangan). Kami memainkan banyak sepakbola di 55 menit pertama, jadi itu melelahkan bagi lawan juga, dan Mo Salah kemudian masuk memberikan permainan (kepada) Anda dimensi yang berbeda dan kami hampir menggunakannya (mencetak gol)".