Para Pahlawan Chelsea pada Babak Perpanjangan Waktu


Drama laga perpanjangan waktu untuk menentukan pemenang laga belum laga ini harus dialami Chelsea ketika menjamu Plymouth Argyle dalam ajang kompetisi putaran keempat Piala FA ketika laga waktu normal hanya menghasilkan kedudukan seimbang bagi kedua tim.

Chelsea yang tampil sebagai tuan rumah dikejutkan dengan serangan lawan yang berujung gol pada menit kedelapan oleh pemain belakang Argyle, Macaulay Gillesphey yang mampu memanfaatkan umpan Jordan Houghton dengan baik.

Tuan rumah baru bisa menciptakan gol balasan pada menit ke-41 melalui pemain  belakang, César Azpilicueta dengan memanfaatkan umpan pemain gelandang, Mason Mount.  Praktis setelah itu hingga waktu penuh berakhir, kedudukan tetap berimbang hingga diputuskan babak perpanjangan waktu.

Pada laga perpanjangan waktu inilah, Marcos Alonso berhasil mencetak gol penting dalam kemenangan Chelsea di Piala FA atas Plymouth Argyle pada hari Sabtu lalu.  Gol tersebut menambah gol pertama Chelsea sehingga kedudukan menjadi 2  :  1 untuk keunggulan Chelsea hingga laga usai.

Peran pencetak gol penentu di babak perpanjangan waktu ini terbukti memperpanjang kiprah tim lebih jauh dalam suatu kompetisi.  Beberapa pemain pencetak gol di babak perpanjangan waktu pada masa lalu yang pernah dimiliki The Blues, antara lain:

Pedro, yang berhasil mencetak gol penentu dalam babak perpanjangan waktu ketika melawan Leicester City di bulan Maret 2018 pada laga perempat final Piala FA di King Power Stadium.

Pemain sayap Chelsea ini berhasil menaklukkan kiper Kasper Schmeichel dalam duel udara untuk menerima umpan silang N’Golo Kante saat kami menang 2-1 dan maju untuk mengangkat trofi kompetisi Piala FA untuk kedelapan kalinya.

Cesc Fabregas, yang berhasil mencuri perhatian dengan dua gol brilian di babak tambahan waktu melawan The Foxes pada putaran ketiga Piala FA, yang melakukan tembakan pertamanya setelah mendapat umpan dari tumit belakang Eden Hazard dan kemudian memanfaatkan clearance yang buruk untuk memastikan kemenangan 4-2 saat itu.

Branislav Ivanovic, yang mencetak gol penting bagi Chelsea dengan dua diantaranya mengamankan kemenangan Chelsea di masa perpanjangan waktu. Pertama, di babak 16 besar Liga Champions ketika melawan Napoli pada 2012 dan yang kedua pada laga leg kedua semifinal Piala Liga kontra Liverpool.

Didier Drogba, yang mencetak gol perpanjangan waktu dalam kemenangan melawan Liverpool di final Piala Liga 2005 dan kemenangan agregat 4-3 Chelsea di semifinal Liga Champions 2008, dan satu lagi saat final Piala FA 2007 melawan Manchester United.

Michael Ballack, yang memainkan peran penting dalam kemenangan semifinal Chelsea melawan Blackburn Rovers. yang memanfaatkan bola liar mengarah padanya untuk membobol gawang dengan tendangan kaki kirinya.