Liverpool Gulung Cardiff, Inilah 10 Peluang dan Insiden Penting Kedua Tim


Liverpool berhasil menyelesaikan putaran keempat Piala FA yang digelar di Anfield, Senin, 7 Februari 2022 wib dengan manis ketika mampu memaksa Cardiff City mengakui ketangguhan tim tuan rumah dengan skor telak 3  :  1. 

Tidak dapat dibantah, secara kuantitas (statistik) dan kualitas permainan Liverpool dapat dikatakan sangat jauh dibanding lawannya.   Penguasaan bola Liverpool mencapai 80% dengan percobaan tendangan 19 kali dan 5 kalinya mengarah ke gawang, 3 kali berbuah gol.

Sementara Cardiff City hanya mampu bermain dengan 20% penguasaan bola, dengan melakukan percobaan tendangan 3 kali dan 2 kali tendangan di antaranya mengarah ke gawang, serta salah satunya berbuah gol.  

Itu artinya, berdasarkan data statistik ini setidaknya tercipta peluang ataupun setidaknya insiden penting yang cukup bagus di antara 7 kali tendangan mengarah gawang (5 kali Liverpool dan 2 kali Cardiff) dengan 22 kali percobaan tendangan (19 kali Liverpool dan 3 kali Cardiff).

Menurut pengamatan ecoline.id terhadap berjalannya laga dan mempertimbangkan laporan Cardiff City, ditemukan setidaknya 10 (sepuluh) peluang ataupun insiden penting dari kedua tim yang berlaga.

Pertama, peluang Diogo Jota yang menemukan bola di kakinya di area penalti dan dengan kuat menyerang target dari jarak dekat pada menit ke-3.49, namun penjaga gawang Cardiff, Dillon Phillips melakukan penyelamatan yang luar biasa.  

Kedua, manuver penyerang The Reds, Takumi Minamino setelah menit ke-8.36 yang berhasil memasukkan bola ke gawang.  Namun sayangnya bendera offside dari wasit garis datang, sehingga membatalkan terjadinya gol. 

Ketiga, sempat terjadi insiden penting setelah 19 menit, penyerang Cardiff, Mark Harris berlari dan jatuh di kotak penalti ketika berebut bola dengan Ibrahima Konaté, tetapi wasit mengabaikan protes dari para pemain Cardiff.

Keempat, Cardiff yang berusaha terus mencoba menciptakan gol pertama dalam laga ini akhirnya menemukan momentum ketika gelandang Vaulks mencoba peruntungannya dengan serangan kuat dari luar tepi kiri kotak penalti, tetapi sayangnya arah bola masih melebar. 

Kelima, Vaulks mengarahkan bola jauh ke depan ditujukan pada pemain penyerang, Harris yang berlari mengarah ke gawang. Namun tekel Kelleher yang bergerak cepat mengantisipasi bola menjatuhkan Harris, kemudian wasit menghadiahi kartu kuning kepada penjaga gawang.

Keenam, Liverpool  akhirnya berhasil memimpin dengan keunggulan gol pertama setelah 53 menit. Pemain belakang, Trent Alexander-Arnold melambungkan bola dari tendangan bebasnya, yang jatuh tepat di posisi Diogo Jota, kemudian menyundul ke sudut jauh tiang gawang. 

Ketujuh, Liverpool nyaris menggandakan keunggulan ketika sundulan Roberto Firmino berhasil mengarah ke gawang, akan tetapi Phillips dengan sigap mampu menggagalkan upaya Roberto Firmino tersebut.

Kedelapan, Akhirnya Liverpool berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-67 ketika Luis Díaz mengintersep bola dari lawan dan menariknya kembali ke arah Diogo Jota di kotak penalti, tetapi bola melewatinya dan disongsong Minamino, yang mengeksekusinya dengan tendangan mendatar yang deras ke arah gawang.

Kesembilan, tim tuan rumah menambah gol ketiga melalui Harvey Elliott, yang mengontrol bola di dalam kotak penalti sebelum melepaskan tembakan ke sudut bawah gawang, meski dengan sedikit upaya Phillips, bola tetap meluncur deras menerjang jawa gawang.

Kesepuluh, Cardiff membalas melalui pemain pengganti Davies yang mengirim bola ke arah Rubin Colwill, dengan pemain ini dengan tenang melepaskan tembakan ke arah gawang Kelleher meski sempat diganggu Ibrahima Konaté.