Jelang PSM Kontra Persib, Ini Kondisi Terakhir Kedua Tim


Salah satu jadwal pertandingan BRI Liga 1 hari ini, sedianya PSM Makassar akan bertanding melayani ketangguhan Persib Bandung  pada putaran pekan ke-22 Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Rabu 2 Februari 2022 malam waktu setempat.

Saat ini, Pangeran Biru berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan perolehan 43 poin dari 21 laga yang sudah dimainkan. Persib Bandung terpaut empat angka dari pemuncak klasemen sementara, Arema FC yang sudah mengantongi 47 poin.

Sementara itu, PSM Makassar mengantongi 27 poin dari total 21 laga yang telah dijalani dengan laga terakhir berhadapan dengan Barito Putera dengan raihan positif menang 2  :  1, yang tentu saja hasil ini akan memberikan motivasi tersendiri pada laga kontra Persib hari ini.

Sementara itu, Persib Bandung juga meraih kemenangan tipis dengan skor 1 : 0 dari laga sebelumnya kontra Persikabo 1973, berkat gol tunggal Kakang Rudianto pada menit ke-22 pada laga pekan ke-21 Liga 1 2021/2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Sabtu 29 Januari 2022.

Pada saat yang sama, sebanyak sembilan pemain Persib Bandung terkonfirmasi positif COVID-19 sejak sebelum pertandingan kontra Persikabo 1973, dan sudah melakukan penanganan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. 

Namun kabar baik datang dari gelandang Persib, Abdul Aziz, Beckham Putra Nugraha dan penyerang Erwin Ramdani yang mengalami cedera pada pertandingan melawan Persikabo 1973 karena ternyata Beckham dan Erwin tidak cedera serius.

Sementara gelandang Abdul Aziz yang masih membutuhkan observasi lanjutan. Pada saat yang sama performa pemain muda seperti yang ditunjukkan Kakang Rudianto pada laga Persikabo 1973 membuat sang pelatih optimis dengan performa para pemain mudanya. 

Persib Bandung kemarin menjalani program latihan bersama yang menjadi sesi persiapan terakhir Persib Bandung sebelum kembali bertanding di pekan ke-22 Liga 1 2021/2022 kontra PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Rabu 2 Februari 2022 malam.

Sementara itu,  beberapa waktu lalu PSM Makassar memperketat protokol kesehatan di internal tim menyusul hasil screening salah satu pemain lini belakangnya, Adam Mitter yang dinyatakan positif Covid 19, dengan melakukan screening ulang terhadap seluruh staf dan pemain, pelatih dan official.

Namun sepertinya hal ini tidak menjadi masalah bagi PSM Makassar, mengingat pemain belakang Adam Mitter, yang secara resmi diperkenalkan sebagai rekrutan anyar PSM Makassar pada hari Rabu (12/1/2022) tersebut dalam beberapa laga belum diturunkan juga sebagai starting eleven.

Adam Mitter yang mengenakan jersey bernomor punggung 36 tersebut, pertama kali diturunkan dari bangku cadangan ketika melawan Persebaya pada laga ke-19 BRI Liga 1, pada menit ke-63 menggantikan posisi yang ditempati pemain bertahan lainnya, Hasyim Kipuw (15).

Penempatan Adam Mitter pada laga tersebut dilakukan 8 menit setelah PSM Makassar kebobolan gol kedua dari Persebaya, namun berhasil mengurangi selisih gol pada menit ke-84 berkat gol dari aksi individu pemain gelandang tengah, Wiljan Pluim.

Pada laga selanjutnya, ketika menghadapi Persik Kediri dengan hasil akhir skor 0  :  0,  Adam Mitter terdaftar sebagai pemain cadangan dan tidak diturunkan sama sekali hingga laga berakhir, dan pada laga kontra Barito Putera yang berakhir dengan kemenangan, nama Adam Mitter tidak ada dalam skuad.

Artinya, bisa dimungkinkan Adam Mitter terkonfirmasi Covid 19 sebelum laga kontra Barito Putera, dan harus menjalani karantina karena pemain terkonfirmasi positif Covid 19 wajib karantina mandiri 10 hari. 

Sebagai tambahan informasi, PSM Makassar dan Persib Bandung sudah pernah berhadapan dalam putaran pertama BRI Liga 1 pekan ke-6 pada tanggal 2 Oktober 2021, yang dilangsungkan di Stadion Wibawa Mukti Bekasi, dengan hasil akhir laga seri, dengan skor 1  :  1.