Denis Zakaria Bergabung Juventus, 4 Pemain Pergi


Setelah jendela transfer musim dingin ditutup per 31 Januari 2022 kemarin, Juventus mengumumkan satu tambahan lagi pemain untuk memperkuat skuad utama dalam menghadapi sisa Serie A musim 2021-2022.

Seorang pemain gelandang timnas Swiss, Denis Zakaria secara resmi telah menjadi bagian dari para pemain Juventus. Pemain Borussia Mönchengladbach yang berusia 25 tahun tersebut telah menandatangani kontrak kepindahannya setelah 125 kali penampilannya di Bundesliga.

Zakaria yang memulai karir sepakbolanya bersama Servette, melakukan debut profesionalnya dan juga mencetak gol pertamanya sebelum pindah ke Young Boys. Setelah dua musim berlalu bersama klub dari Berne, kemudian memutuskan meninggalkan Swiss untuk bermain di Bundesliga Jerman.

Zakaria mencatatkan pencapaian statistik yang luar biasa dengan menjadi pemain tengah Mönchengladbach selama empat setengah musim, sebagai pemain termuda kedua yang berhasil mencapai itu di liga papan atas Jerman  dengan membuat total 125 penampilan dan mencetak 11 gol.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut memiliki akurasi operan yang mumpuni mencapai setidaknya 90% sepanjang musimnya di Bundesliga dan menjadi pencetak gol di setiap musim dari 5 musim terakhir di liga, ditambah dengan 40 penampilan dan 3 gol bersama Timnas Swiss.

Satu lagi yang bergabung dengan Juventus, Federico Gatti, yang menandatangani kontrak dengan Juventus hingga 30 Juni 2026.  Juventus telah membelinya langsung dari Frosinone, tetapi selama sisa musim 2021/22 harus menyandang status pinjaman di klub Serie B.

Sementara itu, Aaron Ramsay diputuskan manajemen untuk dipinjamkan ke Rangers dan telah resmi meninggalkan Juventus. Pemain gelandang ini akan memainkan sisa musim ini dengan status pinjaman di Rangers di Liga Utama Skotlandia.

Bersama Juventus, Aaron Ramsay telah membuat 70 penampilan sejak tiba dari Arsenal pada 2019, mencetak 6 gol, termasuk satu di Liga Champions, dalam pertandingan tandang di Lokomotiv Moscow, dan 5 di Serie A melawan Verona, SPAL dan Inter, Sassuolo dan Sampdoria. 

Selain itu, Rodrigo Bentancur, gelandang Uruguay, yang bergabung dengan Juventus pada 2017,  telah meninggalkan Juventus dan melanjutkan karirnya dengan bergabung menjadi pemain Tottenham Hotspur. 

Selama menjadi punggawa Juventus, Rodri bermain sebanyak 181 kali untuk semua kompetisi, mencetak tiga gol (dua di Serie A dan satu di Piala Italia), serta 17 assist dan tingkat keberhasilan passing 89%, serta menjadi pemain Juventus yang paling banyak melakukan tekel (205) dan intersep terbanyak (147).

Dejan Kulusevski, seorang pemain sayap Timnas Swedia juga memutuskan bergabung dengan Tottenham Hotspur, dan setelah satu setengah musim bersama Juventus berhasil meraih dua trofi pertamanya di level senior: Piala Super Italia dan Piala Italia.

Sementara itu, Mohamed Ihattaren seorang pemain gelandang, dipinjamkan ke Ajax selama 12 bulan ke depan. Sang pemain telah resmi ditransfer ke klub Amsterdam untuk sementara, hingga 3 Januari 2023, dengan opsi kepindahan permanen.