Situasi Terkini Liverpool Jelang Laga Kontra Arsenal Leg Kedua Semifinal Piala Carabao

Liverpool akan melakukan perjalanan untuk bertandang ke markas Arsenal di London pada Kamis malam, untuk menjalani laga leg kedua semifinal Piala Carabao, dengan bekal hasil imbang 0-0 pada leg pertama di Anfield pekan lalu. 

Liverpool dituntut minimal imbang dengan skor 1  :  1, sedang Arsenal dituntut menang pada leg kedua untuk memastikan lolos ke babak final menghadapi Chelsea yang sudah memastikan terlebih dahulu lolos ke babak final setelah menyingkirkan Tottenham Hotspur dua leg.

Sementara itu, menjelang laga kontra Arsenal, Liverpool harus menghadapi berbagai situasi internal yang harus segera dicarikan jalan keluarnya, termasuk terkait dengan beberapa pemain yang masih dirundung cedera.

Pada saat ini, Alex Oxlade-Chamberlain dipastikan akan absen pada leg kedua semifinal Piala Carabao Liverpool kontra Arsenal mengingat dinilai belum pulih dari cedera pergelangan kaki yang dialami ketika Liverpool berlaga kontra Brentford.

Thiago Alcantara dan Divock Origi juga diprediksi belum bisa diturunkan.  Asisten manajer, Pepijn Lijnders mengatakan pada konferensi pers pra-Arsenal: “Thiago, mudah-mudahan dia akan berada dalam pelatihan tim penuh setelah jeda internasional untuk mempersiapkan pertandingan Cardiff. Divock tidak akan siap sampai setelah Cardiff.” 

Lain lagi dengan Harvey Elliott  yang kemungkinan akan diturunkan pada laga kontra Arsenal.  Pepijn Lijnders merasa senang dengan kembalinya Harvey Elliott ketika ikut berpatisipasi dalam pelatihan penuh tetapi menekankan Liverpool akan terus bersabar dengan kebugaran sang pemain.

Pepijn Lijnders menegaskan, "Merupakan kejahatan jika Anda tidak memainkannya jika dia berlatih seperti ini, tetapi kami tahu ini baru permulaan dari pelatihan tim. Dia membutuhkan waktu dan kami melangkah selangkah demi selangkah."

Di sisi lain, untuk ketersediaan penjaga gawang, Caoimhin Kelleher secara mental menyatakan siap untuk semifinal pertamanya jika dipanggil untuk kembali ke tim Liverpool untuk penentuan Piala Carabao melawan Arsenal.

Pemain Republik Irlandia ini ditunjuk sebagai penjaga gawang kontra Arsenal di leg kedua, dimana Alisson Becker memainkan leg pertama pekan lalu.  Jürgen Klopp menjelaskan bahwa pemain nomor satu itu membutuhkan waktu bermain setelah istirahat paksa karena COVID-19.

Pada bagian lain dalam jajaran manajemen, Liverpool FC saat ini sedang sangat berduka atas meninggalnya mantan sekretaris klub dan kepala eksekutif Peter Robinson, yang berusia 86 tahun.

Robinson adalah sosok penting di balik layar di Anfield selama 35 tahun, yang dimulai tak lama setelah kemenangan pertama The Reds di Piala FA pada tahun 1965, ketika ia bergabung sebagai sekretaris klub setelah bekerja di Stockport County, Crewe Alexandra, Scunthorpe United dan Brighton & Hove Albion.