Serangkaian Perubahan PSIS Jelang Putaran Kedua BRI Liga 1 2021/2022

PSIS Semarang sejauh ini telah menjalani serangkaian laga putaran pertama BRI Liga 1 yang telah menyelesaikan total 17 laga, mampu berada pada posisi enam besar pada papan klasemen sementara Liga 1, dengan laga terakhir melawan Persipura Jayapura yang gagal mengamankan poin.

Secara keseluruhan dari 17 laga yang telah dijalani, Laskar Mahesa Jenar itu telah berhasil memenangkan 7 kali laga, ketika menghadapi Persela Lamongan, Persiraja, Persebaya, Persik, Barito Putera, PSM Makassar, dan Persita.

Sementara  6 kali hasil seri didapat ketika PSIS Semarang berhadapan dengan Persija Jakarta, Arema FC, Madura United, Bali United, TR Kabo, dan Bhayangkara FC, serta empat kali kekalahan dari Persib Bandung, Borneo FC, PSS, dan Persipura Jayapura.

Senyampang menunggu digelarnya serangkaian laga putaran kedua BRI Liga 1, PSIS mengalami beberapa perubahan di level manajemen maupun pada tataran formasi pemain utama dalam rangka menyongsong putaran BRI Liga 1 berikutnya, antara lain:

Pertama, pengunduran diri Imran Nahumarury dari kursi kepelatihan PSIS Semarang.  Imran resmi mengajukan surat pengunduran diri pada Sabtu (18 Desember 2021) dan Manajemen PSIS Semarang menerima surat pengunduran diri Imran Nahumarury dari kursi kepelatihan.

Kedua, Manajemen PSIS mengakhiri kerjasama dengan Nerius Alom dipicu masalah kedisiplinan, karena berdasarkan catatan manajemen PSIS, sang pemain sudah beberapa kali tidak disiplin dengan tidak mengikuti latihan tanpa alasan yang jelas.

Ketiga, Manajemen PSIS Semarang kembali mendatangkan Dragan Djukanovic dan Zarko Curcic untuk mengisi jajaran kepelatihan di putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022.  Dragan didatangkan oleh manajemen PSIS untuk mengisisi posisi pelatih kepala. Sementara Zarko Curcic didatangkan manajemen PSIS untuk mengisi posisi pelatih fisik.

Keempat, Manajemen PSIS mendaftarkan Jorry Guruh di putaran kedua BRI Liga 1.  Pemain ini kembali didaftarkan karena dinilai sebagai satu pemain potensial dan diyakini akan kembali pada kemampuan terbaiknya setelah sebelumnya sempat cedera.

Kelima, Laskar Mahesa Jenar resmi merekrut Rachmad Hidayat, yang sebelumnya bermain untuk PSMS Medan dan mengantarkan Ayam Kinantan hingga babak delapan besar Liga 2.  PSIS membutuhkan sosok winger yang matang, bisa bermain beberapa posisi di lini depan, serta dinilai mampu menutup beberapa kekurangan PSIS di putaran pertama.