Nominasi Penghargaan untuk Klopp, Moh Salah dan Alexander-Arnold


Sepakbola tidak terlepas dari beberapa titel penghargaan baik terhadap klub, pelatih ataupun pemain, termasuk penghargaan yang sifatnya global berskala internasional, regional di suatu kawasan seperti misalnya Eropa, maupun lokal berskala domestik maupun level di internal klub.  

Bahkan ada juga yang berselang hanya dalam waktu bulanan, apabila dilihat dari aspek periodisasinya.

Liverpool secara historis merupakan salah satu klub yang menjadi langganan penghargaan, seperti misalnya ketika Liverpool sukses merengkuh jawara Liga Champions kemudian disusul jawara Liga Primier Inggris.

Pada saat itu, tidak berselang lama kemudian mendapatkan penghargaan sebagai Team of the Year (TOTY) tahun 2020 dan pelatih terbaik tahun ini (2020), yang disematkan kepada Jurgen Klopp.  

Pada saat ini pun, setidaknya pelatih dan pemain mendapatkan nominasi sebagai yang terbaik di profesinya di level internasional, regional, domestik maupun klub.  

Jurgen Klopp dinominasikan sebagai manajer Liga Primier Inggris Terbaik periode bulan Desember, sedangkan Moh Salah dinominasikan sebagai salah satu dari tiga pemain terakhir dalam penghargaan 2021 Best FIFA Men’s Player.

Pertama, pada level domestik (Liga Premier Inggris), Jurgen Klopp yang dinilai berhasil memimpin Liverpool meraih empat kemenangan dari enam pertandingan liga sepanjang bulan Desember 2021, ditempatkan sebagai salah satu kandidat pelatih terbaik bulan Desember.

Keempat kemenangan tersebut antara lain ketika menjalani laga derby Merseyside 4-1 atas Everton dan kemenangan di akhir pertandingan di markas Wolverhampton Wanderers. Kemudian berhasil meraih tiga poin saat menghadapi Aston Villa dan Newcastle United di Anfield.

Dalam nominasi pelatih terbaik Liga Premier Inggris bulan Desember 2021 ini, Klopp akan bersaing dengan Mikel Arteta (Arsenal), Antonio Conte (Tottenham Hotspur) dan Pep Guardiola (Manchester City) untuk memperebutkan penghargaan tersebut.  Anda dapat memberikan dukungan untuk Klopp di sini.

Kedua, Mohamed Salah dinominasikan sebagai salah satu kandidat dari tiga pemain terakhir  bersama Robert Lewandowski (Bayern Munich/Polandia) dan Lionel Messi (FC Barcelona/Paris Saint-Germain/Argentina) dalam penghargaan 2021 Best FIFA Men’s Player.

Sebuah penghargaan yang memberikan pengakuan terhadap penampilan dan pencapaian terbaik dari pemain sepakbola pria di seluruh dunia, mulai Oktober 2020 hingga Agustus 2021, dan sebelumnya nominasi terdiri atas 11 pemain, yang telah dikerucutkan menjadi tiga kandidat terkuat.

Metode yang digunakan adalah melalui pemungutan suara dari para pelatih dan kapten tim nasional pria saat ini, jurnalis dan penggemar di FIFA.com akan menentukan pemenang penghargaan 2021 Best FIFA Men’s Player, yang akan diumumkan dalam siaran langsung pada Senin 17 Januari 2022.

Moh Salah telah berhasil mencetak 26 gol untuk Liverpool selama Oktober 2020 hingga Agustus 2021 dan sedang melanjutkan performa terbaiknya hingga selama musim 2021-22 dengan membuat 23 gol dan sembilan assist dalam 26 pertandingan bersama Liverpool.

Baca juga:  Memasuki Paruh Waktu Pertama, Inilah Para Pemain Terproduktif di Liga-Liga Besar Eropa

Ketiga, kembali pada level domestik, nama pemain belakang Liverpool Trent Alexander-Arnold, yang berhasil membuat gol dari tendangan jarak jauh ke gawang Newcastle United dinominasikan untuk penghargaan Premier League Goal of the Month edisi Desember.

Nominasi tersebut tidak terlepas dari peran sang pemain karena turut memastikan kemenangan 3-1 Liverpool di Anfield melalui tendangan keras ke pojok atas dari jarak sekitar 25 yard.

Gol briliannya adalah salah satu dari delapan gol yang terpilih sebagai yang terbaik di liga bulan lalu, bersama gol-gol dari Bernardo Silva, Neal Maupay, Mason Mount, Lucas Moura, Demarai Gray, Alexandre Lacazette dan Kevin De Bruyne. Berikan dukungan kalian untuk Alexander-Arnold di sini.