Beda Pola Latihan Madrid Pasca Gagal Tundukkan Elche di Liga

Real Madrid yang berjaya di puncak klasemen sementara La Liga hingga jeda internasional dan secara total telah menjalani 22 dari awal La Liga 2021-2022 digelar, harus mulai mewaspadai Sevilla yang menempel di peringkat kedua dengan 44 poin, selisih 6 poin dari Los Blancos.

Selisih poin yang tidak terlalu lebar dengan runner up sementara, sedangkan La Liga 2021-2022 masih menyisakan 16 laga, meski sudah melewati paruh waktu tetapi masih membuka peluang lebar posisi Real Madrid dikudeta klub lainnya.

 

Catatan Laga Terakhir

Berdasarkan catatan beberapa laga terakhir pun, Los Blancos lebih tidak beruntung dibanding Sevilla mengingat Sevilla mencatatkan belum terkalahkan selama 7 laga, setelah sebelumnya harus mengakui keunggulan Real Madrid, sementara Real Madrid sendiri belum lama ini ditundukkan Getafe.

Pada laga terakhir, Real Madrid juga harus puas dengan hasil satu poin ketika hanya mampu bermain imbang kontra Elche pada putaran pekan ke-22 laga La Liga Spanyol, setelah bermain 90 menit penuh dan harus berakhir dengan skor sama 2  :  2.

Tampaknya Elche memberikan pelajaran dan pengalaman berharga bagi Real Madrid untuk berbenah.  Elche yang menerapkan strategi tekanan tinggi (pressed high up) dikombinasikan dengan pertahanan ketat mampu menahan strategi penguasaan bola (dominated possession) yang diperagakan Real Madrid.

Fakta ini tidak hanya sekali ditunjukkan Elche ketika menghadapi Real Madrid, Elche menjadi  momok pada laga sebelumnya, dimana Los Blancos juga kesulitan menundukkan perlawanan Elche dalam waktu normal, sehingga dibutuhkan waktu 2 x 15 menit untuk memastikan kemenangan Madrid.

Carlo Ancelotti sendiri sebelum laga La Liga menghadapi Elche juga sempat mengakui, "Mereka dalam kondisi bagus dan kami merasa sulit untuk mengalahkan mereka di Copa", sebagai penegas betapa tangguhnya lawan yang dihadapi Real Madrid dalam laga pekan ke-22 La Liga tersebut.


Berlatih dengan Perubahan Pola

Terlihat jelas pola perbedaan latihan Real Madrid, ketika dibandingkan baik ketika menjelang menghadapi Elche pada babak 16 besar   Copa del Ray yang akhir berlangsung secara dramatis ketika menghadapi Elche dan jelang kontra Elche pada putaran ke-22 La Liga apabila dibandingkan dengan latihan belakangan ini.

Rutinitas latihan Real Madrid sebelum memainkan babak 16 besar Copa del Ray dan sebelum berlaga di La Liga putaran ke-22 di Santiago Bernabéu, seputar latihan rondo sebelum fokus pada pekerjaan taktis dan memainkan permainan kecil-kecilan. Kemudian ditambah sesi berakhir dengan penyelesaian tepat sasaran. 

Namun setelah kedua laga itu, skuad Los Blancos yang menggelar latihan di  Real Madrid City  pada sesi pertama minggu ini di Real Madrid City, yang tanpa para pemain untuk tugas internasional, di samping latihan rondo, kerja taktis, melihat sirkulasi bola, tim juga diintensifkan dengan lartihan menekan dan menguasai bola.

Kemudian seperti biasa, latihan Los Blancos diakhiri sesi dengan sejumlah permainan kecil-kecilan, dimana Asensio dan Vallejo berlatih sendiri di lapangan, sementara Benzema, Modri, Mendy, Carvajal, Courtois dan Mariano berlatih di dalam ruangan.