Liverpool Berebut "Sayap" dengan Tottenham Hotspur

Media resmi Liverpool memuat informasi bersumber dari media online terpercaya yang khusus memuat dan mengulas tentang sepakbola goal.com yang berhasil mengkonfirmasi bahwa Liverpool menyetujui kesepakatan £ 37,5 juta untuk bintang Porto Luis Diaz.  

Goal.com sendiri dikenal sebagai situs online yang secara rutin memuat informasi dan memberitakan sepakbola skala internasional dalam 19 bahasa, dengan 38 edisi nasional dan 600 kontributor.

Media ini didirikan pada tahun 2004 oleh Chicco Merighi dan Gianluigi Longinotti-Buitoni, dan hingga saat ini dimiliki oleh Integrated Media Company (IMC), sebuah divisi dari TPG Capital

Media tersebut tepatnya pada tanggal 28 Januari 2022 atau hari Jumat waktu setempat, mengkaim telah berhasil mengkonfirmasi bahwa Liverpool telah dipastikan menyetujui kesepakatan untuk mengontrak pemain sayap Porto Luis Diaz menjelang batas waktu transfer Senin,

Liverpool yang saat ini di bawah asuhan Jürgen Klopp disebutkan berkomitmen akan membayar biaya awal sebesar €45 juta (£37,5 juta/$50 juta), dengan tambahan €15 juta (£12,5 juta/$17 juta) untuk tambahan terkait performa, yang hanya akan diberikan jika Diaz tampil fenomenal di Anfield.

Sementara itu, baru kemarin media lainnya, Sky Sports melaporkan bahwa Liverpool berada di posisi terdepan untuk mengikat kontrak Luis Diaz dengan menawarkan biaya sebesar 45 juta poundsterling untuk pemain sayap Porto tersebut, dimana Tottenham juga berusaha mendapatkannya. 


Bersaing dengan Tottenham Hotspur

The Reds disebutkan telah memberikan tawaran yang dinilai terlambat dan dianggap mengejutkan bagi pemain sayap yang saat ini bermain di klub Porto, yang merupakan internasional Kolombia.

Hal ini mengingat selama ini dan hingga saat ini diperkirakan sang pemain akan bergabung dengan Tottenham Hotspur, dan bahkan dikabarkan Tottenham Hotspur berusaha untuk mempercepat menggaet pemain ini.

Rupanya Liverpool tidak ingin tinggal diam.  Tim besutan Jurgen Klopp tersebut yang memiliki rencana awalnya ingin mencapai kesepakatan pada musim panas untuk Diaz, tetapi telah mengajukan minatnya lebih awal.

Liverpool tampaknya terkesan dengan kinerja pemain ini saat berlaga di lapangan,  Sebagaimana diketahui Luis Diaz telah dua kali bermain bersama FC Porto menghadapi Liverpool musim ini di Liga Champions.

Pada laga tersebut, Porto berhasil dibungkam Liverpool di kandangnya dengan skor telak 1  :  5 untuk keunggulan Liverpool, dan ketika bertandang ke markas Liverpool di Anfield dipaksa harus pulang dengan gigit jari kalah dengan skor 2  :  0.

Meskipuin Liverpool mampu memenangkan kedua pertandingan dengan cukup mudah dan dengan perolehan skor meyakinkan, namun kinerja pemain sayap Porto, Luis Diaz memberikan kesan tersendiri di benak Liverpool.

 

Perjalanan Karier Profesional Luis Diaz

Pemain yang secara resmi telah dikontrak Liverpool tersebut memiliki nama lengkap Luis Fernando Díaz Marulanda, berusia 25 tahun (lahir 13 Januari 1997) diketahui sebagai pemain sepakbola profesional Kolombia, yang sebelum dipastikan menjadi pemain Liverpool, telah menjalani karier profesionalnya sebagai pemain Porto.

Karier profesional pertama Luis Diaz dimulai ketika menjadi salah satu pemain Barranquilla FC yang berpartisipasi dalam kompetisi Divisi Kedua Kolombia, kemudian memutuskan bermain untuk Atletico Junior, yang berhasil menjadi jawara Categoría Primera A, satu gelar Copa Colombia dan satu gelar  Superliga Colombiana. 

Setelah beberapa pencapaiannya di kompetisi tanah kelahirannya, di Kolombia Amerika Selatan, Luis Diaz memutuskan untuk berhijrah dan bermain di Liga Eropa, tepatnya di Liga Portugal, dengan menyepakati kontrak bersama FC Porto dengan biaya sebesar €7 juta pada tanggal 10 Juli 2019.

Sepanjang kiprah karier profesionalnya di Portugal, bersama tim yang dibelanya FC Porto, Luis Diaz berhasil memastikan menjadi jawara Liga Primeira, satu gelar Taça de Portugal dan satu piala Supertaça Cândido de Oliveira pada tahun 2020.

Luis Diaz dikenal sebagai pemain yang menempati posisi utama sebagai gelandang kiri, di samping itu posisi lain yang dapat dimainkannya adalah sayap kiri dan sayap kanan, dengan mengandalkan kekuatan kaki kanan.

Berkarier bersama FC Porto di berbagai liga domestik, Luis Diaz tercatat telah bermain sebanyak 125 kali dengan sumbangan total sejauh itu sebanyak 41 gol, dengan assist 19 kali, disertai 9 kartu kuning dan 1 kartu merah.

Sejauh ini, telah berpartisipasi dalam kompetisi Liga Champions secara total bersama FC Porto sebanyak 15 kali dengan kontribusi 4 gol dan mendapatkan satu kartu kuning, dimana pada kompetisi terakhir telah berpartisipasi sebanyak 6 (enam) kali dengan kontribusi 2 (dua) gol dan mendapatkan satu kartu kuning. 

Pada level debut internasional bersama Timnas Kolombia, Luis Diaz telah mencatatkan lebih dari 30 laga, berakhir dengan peringkat ketiga di Copa America 2021, dan pencetak gol terbanyak turnamen tersebut bersama Lionel Messi yang bermain untuk Timnas Argentina.