Laga Chelsea Kontra Liverpool: Tuchel Merasa Yakin, Klopp Harus Absen

Tahun baru 2022 bagi tim sekelas Liverpool dan Chelsea harus dimulai dengan sebuah pertandingan besar.  Kedua tim akan saling berhadapan, dimana Liverpool bertandang ke markas Chelsea dalam laga lanjutan Liga Premier Inggris 2022.

Bagi Liverpool, ini adalah laga pekan ke-20 dan bagi Chelsea ini adalah laga pekan ke-21 dalam perjalanan Liga Premier Inggris 2021-2022.  Hal ini mengingat duel Liverpool vs Leeds United yang rencananya digelar 26 Desember 2021 ditunda karena COVID-19.

Secara statistik Head to Head antara Chelsea vs Liverpool sejak tahun 2013, Chelsea hanya mampu memenangkan satu laga melawan Liverpool, yakni ketika pada laga Mei 2018, Oliver Giroud berhasil menyarangkan satu gol untuk Chelsea.

Sementara itu, Liverpool berhasil memenangkan tujuh laga dari 13 laga di Liga Premier Inggris ketika bertandang ke Stamford Bridge.  Pada laga terakhir di Stamford Bridge, 20 September 2020, Chelsea dipaksa mengakui keunggulan Liverpool 0 : 2. 

Thomas Tuchel, pelatih kepala The Blues bersikeras bahwa dirinya masih akan memiliki tim yang siap untuk mendorong secara maksimal mengalahkan The Reds asuhan Jurgen Klopp, yang saat ini selisih satu poin di belakang The Blues di klasemen sementara dengan 41 poin.

Sementara fakta lainnya, Jurgen Klopp dipaksa absen tidak dapat menghadiri langsung laga anak asuhnya kontra Chelsea diakibatkan terdeteksi terinfeksi Covid19, dan untuk sementara perannya di tepi lapangan digantikan oleh asisten pelatih Pepijn Lijnders.

Bersamaan dengan itu di samping Jurgen Klopp, hingga kemarin masih ada tiga pemain yang terindikasi positif Covid19, enam pemain cedera, Thiago Alcantara (pinggul), Takumi Minamino (Nyeri Otot), Divock Origi (pergelangan kaki), Nathaniel Phillips (patah tulang pipi), Harvey Elliott (cedera pergelangan kaki), dan Adrian (cedera betis), serta Andy Robertson (skorsing).