Dua Harapan Asnawi setelah Pembaharuan Kontrak dengan Ansan Greeners FC


Sebagaimana diketahui sebelumnya, Asnawi merupakan pemain pertama Indonesia yang mulai debutnya di luar negeri dengan merumput di liga Korea Selatan  atau K-League sejak bulan Januari tahun lalu, yang bergabung dengan klub Ahsan Greeners FC.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa pasca perhelatan laga piala AFF 2020 di Singapura, Hwa-seop Yoon sang pemilik Ansan Greeners FC bersegera memerintahkan untuk melakukan pembaharuan kontrak dengan kapten Timnas Indonesia di piala AFF 2020, Asnawi Mangkualam Bahar (22 tahun).

Ahsan Greeners FC menilai dedikasi Asunawi sebagai kapten sepanjang piala AFF Suzuki Cup 2020 di Singapura tidak diragukan, yang ditunjukkan dengan kontribusinya dengan 1 gol dan 2 assist, serta kemampuan kepemimpinannya di lapangan, yang telah membuktikan bahwa pilihan klub tidak salah.

Ansan Greeners FC, di sisi lainnya juga merasa diuntungkan dengan peningkatan luar biasa follower di instagram dari semula hanya berada di peringkat terbawah dari 22 tim Liga K dengan hanya 5.000 follower, menjadi menempati peringkat pertama di Liga K dengan 77.000 anggota. 

Bahkan lebih dari itu, Ahsan Greeners FC mengklaim ekspor hak siar juga meningkat signifikan, dan berhasil membuktikan efek pemasaran Asia Tenggara yang selama ini hanya dibicarakan. 

Seiring kinerja Asunawi, jumlah pengikut SNS pribadi juga meningkat secara eksplosif. Jumlah pengikut, dari 160.000 pada awal bergabung, telah meningkat tajam menjadi 1,55 juta sekarang.

Pelatih Ahsan Greeners FC, Jo Min-guk berkata, "karena dia (Asnawi) adalah pemain dengan banyak potensi untuk berkembang di masa depan, saya akan mempersiapkan dirinya dengan baik selama musim dingin sehingga Asunawi dapat menunjukkan semua kekuatannya di lapangan pada musim 2022”.

Menanggapi pengakuan klub Ahsan Greeners FC tempat dirinya bernaung, Asunawi menyampaikan dua harapan sekaligus.

Pertama, tentu saja Asnawi ingin menjadi bagian dari Ansan Greeners untuk melakukan yang terbaik dalam kompetisi sehingga mendapatkan promosi dengan hasil terbaik sejak berdirinya klub tersebut. 

Kedua, mengingat Asnawi Mangkualam merupakan pemain Indonesia yang pertama kali masuk K-League, maka dirinya ingin memberikan preseden yang baik bagi pemain Indonesia untuk maju ke K-League. Ini artinya Asnawi berharap Ahsan Greeners FC melaju ke Liga Utama K-League.

Untuk memenuhi kedua harapan tersebut, maka dirinya akan berupaya bekerja keras dalam membantu tim untuk dipromosikan dengan penampilan yang lebih baik di musim 2022. 

Apabila merujuk pada pernyataan sang pelatih, maka Asnawi dapat memaksimalkan komitmen pelatih untuk mengasah dan meningkatkan kemampuannya.