Beberapa Fakta Internal Persib Bandung Jelang Kontra Bali United

Jelang kontra Bali United pada putaran kedua BRI Liga 1 laga ke-19, Persib Bandung berhasil bertengger di puncak klasemen sementara dengan 37 poin mendongkel Bhayangkara FC meski memiliki poin yang sama, tetapi kalah selisih gol.

Sementara Bhayangkara FC yang memiliki 37 poin dipaksa turun ke peringkat ketiga di bawah Arema FC setelah Arema mengalahkannya dengan skor tipis 1 : 0, sehingga kalah selisih gol meski memiliki poin yang sama.

Pangeran Biru telah berhasil memenangkan 11 kali laga, ketika menghadapi Barito Putera, Persita, Bhayangkara FC, PSS, PSIS, Persipura, Persela, Persiraja, Madura United, Persik dan mengalahkan Persita kembali di pertemuan kedua.

Sementara  itu, selebihnya adalah laga dengan 4 kali hasil seri didapat ketika Persib Bandung berhadapan dengan Bali United, Borneo FC, TR-Kabo, dan PSM Makassar, serta tiga kali kekalahan dari Persija Jakarta, Arema FC dan Persebaya.

Menjelang putaran kedua BRI Liga 1 laga ke-19 menghadapi Bali United di Stadion I Gusti Ngurah Rai, 13 Januari 2022 mendatang, Persib Bandung harus menghadapi beberapa hal yang kurang menyenangkan dan sebagian lainnya merupakan bagian yang menggembirakan.

Persoalan pertama terkait dengan masalah kehilangan tiga pemain atau tepatnya tidak dapat dimainkan akibat hukuman akumulasi kartu kuning. Ketiga pemain yang akan absen itu adalah Marc Klok, Ardi Idrus, dan Achmad Jufriyanto. 

Klok dan Ardi terpaksa absen mengingat sudah mendapatkan akumulasi kartu kuning ketujuh pada musim ini, sementara itu Jufriyanto sudah menerima kartu kuning ketiga.  Robert harus menyiapkan pemain sebagai penggantinya.

Beberapa pemain yang dinilai dapat menjadi alternatif pilihan, Dedi Kusnandar, Abdul Aziz, ataupun Syafril Lestaluhu di lono tengah. Sementara untuk mengisi posisi Ardi, Robert dapat menurunkan Zalnando, Supardi Nasir, Mario Jardel, ataupun Bayu Fiqri.

Pada bagian lain, Robert Alberts dibuat optimistis dengan kehadiran Bruno Cunha Cantanhede dan David Da Silva, yang akan membuat skuad timnya tampil lebih baik. Keduanya merupakan rekrutan baru Pangeran Biru untuk menggantikan Geoffrey Castillion dan Wander Luiz. 

Bruno Cantanhede sendiri mengakui bahwa dirinya belum dalam kondisi terbaiknya, dimana kebugaran tubuhnya hingga saat ini dirasakan belum mencapai level terbaik. Namun dia berkomitmen berusaha keras untuk mengembalikan performa terbaiknya.

Sementara itu, Robert Albert sudah mulai mengasah taktik tim asuhannya, dengan maksimalkan waktu yang tersisa untuk mempersiapkan timnya. Pelatih asal Belanda tersebut menegaskan sebelumnya dirinya hanya berusaha mengembalikan kebugaran anak asuhnya. 

Hal yang menggembirakan lainnya bagi Persib Bandung adalah bergabungnya Ezra Walian dan Igbonefo, setelah kedua pemain tersebut sempat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.  Keduanya bersiap menjadi bagian dari kemenangan tim pada laga-laga berikutnya.