Pengaruh Ali dan Kemenangan Ganda Liverpool Atas Crystal Palace

Laga tandang Liverpool ke markas Crystal Palace di stadion Selhurst Park berhasil mengamankan 3 poin penuh.  Gol dari Virgil van Dijk (8') dan Alex Oxlade-Chamberlain (32') di babak pertama yang mengesankan dan gol penalti Fabinho (89') pada babak kedua menandai kemenangan Liverpool pada laga hari Minggu tersebut.

Sementara itu, Crystal Palace bangkit dengan penuh kekuatan di babak kedua, sehingga akhirnya mengurangi selisih gol dari tim tamu melalui gol dari Odsonne Edouard pada menit ke-55. Namun setelahnya, The Reds berhasil menahan serangan tuan rumah dan memastikan kemenangan.

Hasil laga tersebut membuat Liverpool saat ini terpaut sembilan poin dari pemuncak klasemen sementara Manchester City, dengan selisih satu pertandingan tersisa bagi Liverpool, pada saat laga memasuki jeda dua minggu dalam jadwal pertandingan.

 

Performa Alisson Becker

Pada laga ini, akhirnya Liverpool memang tidak mampu mencatatkan clean sheet keempat berturut-turut  setelah tiga kali laga tidak kebobolan sama sekali, akan tetapi tidak dapat disangkal kemenangan penting Liverpool ini tidak terlepas dari kualitas sang penjaga gawang.

Gol tuan rumah yang menyentuh jala gawangnya melalui Edouard pada awal babak kedua sudah selayaknya diterima Crystal Palace, akan tetapi Alisson Backer mampu bekerja dengan sangat baik di bawah tekanan terus-menerus selama babak pertama.

Faktanya tidak ada yang dapat dilakukan Alisson untuk menggagalkan manuver gol Edouard, yang memanfaatkan umpan Jean-Philippe Mateta yang tidak mementingkan diri sendiri saat kiper menutup rekan serangnya.

Namun aksi sang penjaga gawang telah melakukan penyelamatan penting dengan telah menggagalkan upaya Michael Olise dan Edouard untuk mencetak gol dan mampu mempertahankan keunggulan timnya adalah sebuah kinerja yang patut diapresiasi. 

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp ketika sesi wawancara pra pertandingan memuji kemampuannya dengan menyebut, "Sebagus Caoimhin, tidak diragukan lagi bahwa Ali akan kembali", dan kemudian sang pemain Brazil terbukti berkontribusi penting untuk memastikan Liverpool mengklaim tiga poin. 

 

Kemenangan Tim Wanita

Pada hari yang bersamaan di laga terpisah, tim wanita Liverpool bermain melawan Palace jauh dari rumah pada hari yang sama, dengan pertandingan juga dimulai secara bersamaan, dimana tim asuhan Matt Beard mampu memetik kemenangan. 

Bahkan tim wanita Liverpool FC berhasil menjalani laga dengan cara yang lebih meyakinkan, dengan berhasil membuat skor 4  :  0, dengan dua gol Yana Daniels dan gol dari Katie Stengel dan Rachel Furness, yang memastikan unggul tujuh poin di puncak Kejuaraan Wanita FA.