Adama Traore dan Anak-Anak Muda Barca yang Kembali


FC Barcelona telah mencapai kesepakatan peminjaman dengan klub Inggris, Wolves (Wolverhampton Wanderers FC)  untuk pemain yang berposisi sebagai bek sayap ataupun gelandang sayap, Adama Traore hingga 30 Juni 2022. 

Barca terikat komitmen untuk membayar gaji pemain dan adanya opsi untuk membuat kesepakatan tersebut menjadi permanen.  Artinya, apabila performa Adama Traore sebagaimana yang diharapkan Barcelona, maka pintu terbuka lebar untuk menjadi pemain permanen.

Barcelona bukanlah klub asing bagi anak muda seperti Adama Traore, yang lahir pada tanggal 25 Januari 1996, dan sesungguhnya telah bergabung sebelumnya dengan FC Barcelona pada usia delapan tahun.  Hingga akhirnya, pada tahun 2016 sang pemain memutuskan meninggalkan Barcelona.

Saat ini, setelah lebih dari enam tahun pergi dari Barcelona meniti karier profesionalnya di luar, pemain sayap, Adama Traore akhirnya kembali ke Barça, Klub tempat sang pemain mempelajari dan mengembangkan keahliannya.

Pemain sayap berbakat berkembang dengan cepat ini dan sering bermain di tim di atas kelompok usianya, melakukan debutnya di Divisi Kedua bersama Barça B pada usia 17 tahun. Sebuah pencapaian di atas rata-rata.

Pada musim 2013-2014, Adama bermain 26 kali untuk tim di bawah arahan Eusebio (Eusebio Sacristán Mena), dan berhasil mencetak lima gol, serta membantu tim U19 meraih gelar Liga Pemuda UEFA untuk pertama kalinya pada tahun 2014.

Pada 23 November 2013, Adama memulai karier profesionalnya bersama tim utama FC Barcelona ketika mendapatkan kesempatan dari manajer Barca kala itu, Gerardo Martino, kemudian mendapat kesempatan sebagai pemain pengganti kontra Granada di menit akhir menggantikan Neymar. 

Berikutnya selang beberapa hari, Adama Traore melakukan laga debut di Liga Champions dalam pertandingan melawan Ajax di Amsterdam. Bermain 4 kali untuk tim utama, Adama menyumbang satu gol dalam pertandingan Copa del Rey melawan Huesca dalam kemenangan 8-1 Barca. 

Setelah itu, Adama meninggalkan Barca pada musim panas 2015 dan bergabung dengan Aston Villa, yang berjalan satu musim, selanjutnya bergabung dengan Middlesbrough, terakhir pada musim panas 2018, bermain bersama Wolves.

Performanya di Wolves mencuri perhatian pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique dan Adama bermain bersama timnas pada bulan Oktober 2020, dan telah tampil dalam 8 laga timnas secara penuh dan menjadi bagian skuad di Kejuaraan Eropa musim panas lalu.

Adama dinilai sebagai salah satu dribbler terbaik di sepak bola Eropa, dimana pada beberapa musim terakhir telah memimpin peringkat dalam kapasitasnya menggiring bola, berhasil menunjukkan kemampuannya mengalahkan pemain bertahan. 

Pemain ini memiliki kemampuan berposisi sebagai pemain di kedua sayap, dimana kecepatannya memungkinkan untuk tidak hanya mencetak gol tetapi juga menciptakannya. 

Beberapa pemain muda yang awalnya berkiprah di Barcelona, kemudian memilih berkarier di luar klub dan kembali lagi selain Adama Traore ada Gerard Lopez (meninggalkan klub 1997, kembali tahun 2020), kemudian Gerard Pique (meninggalkan klub 2004, kembali tahun 2028).

Pemain lainnya, Cesc Fabregas (meninggalkan klub 2003, kembali tahun 2011), kemudian Jordi Alba (meninggalkan klub 2005, kembali tahun 2012), Aleix Vidal (meninggalkan klub 1997, kembali tahun 2015)

Berikutnya Denis Suarez (meninggalkan klub 2015, kembali tahun 2016) dan Eric Garcia (meninggalkan klub 2008, kembali tahun 2017).  Demikian juga dengan Nolito, Aleñá, Deulofeu dan Muniesa, semuanya kembali ke Barcelona setelah berkembang di barisan muda Barca.