Dua Hari Jelang Kontra Leicester, 9 Pemain Liverpool Masih Bermasalah


Laga lanjutan Liga Primier Inggris 2021-2022 memasuki pekan ke-19 bagi Liverpool ketika harus bertandang ke markas Leicester City FC, yang akan digelar pada hari Rabu pukul 03.00 wib di stadion King Power, Filbert Way Leicester, Inggris.

Laga ini dinilai sangat penting bagi Liverpool mengingat posisi Liverpool di klasemen sementara Liga Primier Inggris saat ini, sudah mulai terancam dengan Chelsea yang sudah menemukan kembali momentum kemenangan ketika menghadapi Aston Villa dengan skor 1 : 3 untuk kemenangan The Blues.

Di samping itu, ini adalah momentum bagi Liverpool untuk terus membuntuti sang juara bertahan, Manchester City yang masih terus konsisten menunjukkan performanya dalam dua laga terakhir dengan meraih poin penuh, sehingga mampu menjaga jarak 6 poin dari Liverpool, dengan menyisakan selisih satu laga bagi Liverpool.

Namun sayangnya, dalam situasi kompetisi yang ketat di level papan atas klasemen Liga Premier Inggris 2021-2022 tersebut, Liverpool harus dihadapkan dengan kendala kemungkinan absennya sejumlah pemain akibat Covid19, cedera dan sanksi.

Menurut media resmi Liverpool, setidaknya ada sembilan pemain yang sejauh ini diperkirakan mengalami risiko tidak dapat dimainkan saat Liverpool  harus bertandang ke markas Leicester City FC, yang akan digelar pada hari Rabu pukul 03.00 wib di stadion King Power, Filbert Way Leicester, Inggris.

FabinhoCurtis Jones  dan  Virgil van Dijk  tidak bisa diturunkan sejak sebelum bentrokan dengan Newcastle United pada 16 Desember setelah diduga hasil tes positif COVID-19, meski ketiganya kembali berlatih menjelang perjalanan Liga Premier ke Leicester City pada 28 Desember.

Thiago Alcantara  melewatkan hasil imbang melawan Tottenham Hotspur pada 19 Desember karena dugaan hasil tes positif COVID-19.

Menurut Asisten Manajer, Pepijn Lijnders pada 21 Desember: "Kesehatan adalah yang utama jadi kami harus memastikan kami tidak terburu-buru, bahwa mereka kembali kapan pun mereka siap. Orang-orang meremehkan saat karantina 10 hari, mereka pikir mereka bisa langsung bermain pada hari ke-11 , tapi sepak bola tidak bekerja seperti ini. Anda perlu latihan. Karena ini adalah olahraga tim, Anda harus kembali merasakan permainannya. Yang terpenting adalah mereka sehat, mereka tetap aman, dan kami memberi mereka waktu."

Divock Origi terakhir kali tampil untuk The Reds pada 7 Desember melawan AC Milan di Liga Champions. Menurut Asisten Manajer, Pepijn Lijnders pada 21 Desember: "Dia masih belum berlatih dengan tim jadi kami akan merindukannya."

Nathaniel Phillips absen hingga Januari setelah mengalami patah tulang pipi saat Liverpool mengalahkan AC Milan dalam pertandingan terakhir mereka di fase grup Liga Champions.  

Menurut Jürgen Klopp pada 10 Desember: "Dia harus berhati-hati dan memastikan pada saat dia diizinkan [berlatih sepenuhnya], ketika tulangnya sudah sembuh, dia akan berada dalam kondisi fisik yang baik, jadi itu bagus. Berapa lama itu akan memakan waktu persisnya, saya tidak tahu. Empat atau lima minggu, kira-kira seperti itu. Kita lihat saja nanti."

Harvey Elliott mengalami cedera pergelangan kaki serius saat bertandang ke Leeds United pada 12 September.

Jürgen Klopp pada 26 November: "Dia berlari di luar, berat badan penuh – pertanda baik, tidak apa-apa. Kapan dia akan kembali, saya tidak tahu. Dia adalah prospek jangka panjang kami dan setiap hari kami bisa mendapatkannya kembali lebih awal sangat bagus , tapi kami tidak akan terburu-buru."

Adrian, sang Penjaga gawang saat ini absen karena cedera betis.  Menurut Jürgen Klopp pada 3 Desember: "Adrian cedera saat ini, jadi Marcelo [Pitaluga] sekarang No.3."

Terakhir, Andy Robertson  telah menjalani satu pertandingan dari skorsing tiga pertandingan menyusul kartu merahnya melawan Tottenham Hotspur pada 19 Desember.