Thiago Bayar Kepercayaan Klopp, Tiga Rekor The Reds Saat Hadapi Porto


Laga kontra Porto dalam putaran penyisihan Liga Champions 2021-2022 Group B telah berakhir dini hari tadi wib, dan Liverpool berhasil mempertahankan rekor 100% kemenangan di Liga Champions musim ini ketika membuat perlawanan Porto menjadi tak berdaya di Anfield.

Hasil ini telah memastikan pasukan Jurgen Klopp mengamankan posisi teratas klasemen sementara di Grup B, serta memastikan satu tempat untuk lolos di babak selanjutnya yang menggunakan sistem gugur (knockout), mengingat sudah memenangkan empat pertandingan pertama, kemudian meraih tiga poin lagi ketika berhadapan dengan Porto.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp yang menghadapi beberapa situasi terkait masalah kebugaran dan kondisi fisik sebagian pemainnya, telah memilih starter line-up atau starting eleven dengan salah satunya mempercayakan satu posisi gelandang serang kepada Thiago Alcântara.

Pada laga kontra Arsenal yang berlangsung sebelumnya dengan skor 4 : 0 untuk kemenangan Liverpool,  gelandang serang Thiago Alcântara juga dipercaya sang manajer, Jurgen Klopp untuk menjadi bagian dari starter line-up atau starting eleven.

"Gol Thiago, wow! Ini sangat penting", sebagaimana yang diungkapkan Jurgen Klopp merupakan sarana pembuktian terhadap kepercayaan yang diberikan manajer kepada sang pemain, dengan membuat gol pertama yang mengesankan dalam laga tersebut.

Gelandang Spanyol itu membuat tendangan spektakuler dengan membobol gawang lawan dari jarak jauh dengan cara yang menakjubkan, memotong bola untuk menghasilkan tendangan geledek dari jarak sekitar 25 meter, dan mengarah pada sudut bawah gawang lawan untuk memecahkan kebuntuhan menciptakan gol pertama untuk Liverpool pada menit ke-52 babak kedua.

Gol kedua Liverpool tercipta berkat kontribusi pemain lini depan Liverpool, Moh Salah pada menit ke-70.  Pemain depan Mesir tersebut memotong dari sisi kanan dan menyentak melewati bek pemain lawan, sebelum akhirnya bola menggoyang gawang di sisi tiang dekat.

Berkat hasil akhir laga kontra Porto di Anfield yang berlangsung dini hari tadi tersebut, beberapa pencapaian statistik baru sebagaimana direkap bbc-sport diciptakan menambah daftar pencapaian Liverpool sebagai tim dan juga para pemainnya.

Pertama, Liverpool telah memenangkan lima pertandingan penyisihan grup Liga Champions pertama untuk pertama kalinya, mencetak 15 gol. Hanya pada musim 2017-18 The Reds mencetak lebih banyak gol pada tahap ini di kompetisi (16).

Kedua, Moh Salah telah mencetak enam gol di babak penyisihan grup Liga Champions musim ini, jumlah terbanyak yang dicetak pemain Liverpool dalam satu babak penyisihan grup, menyamai enam gol Roberto Firmino di 2017-18.

Ketiga, tiga dari sembilan gol gelandang Liverpool Thiago di Liga Champions tercipta saat melawan Porto. Malam ini adalah gol pertamanya di kompetisi tersebut sejak April 2018 ketika ia mencetak gol untuk Bayern Munich dalam kemenangan 2-1 melawan Sevilla.