Strategi Latihan Persebaya Hadapi Jadwal Kompetisi Liga 1 Indonesia


Dikutip dari media resminya, Persebaya telah menggelar latihan perdananya setelah para pemain diliburkan selama dua hari, Taisei Marukawa dkk langsung digeber latihan untuk menghadapi ketatnya persaingan dan jadwal pertandingan Liga 1 Indonesia.
 
Meski sepanjang latihan perdana Persebaya di Gelora Delta Sidoarjo tersebut tidak tampak pelatih kepala Aji Santoso yang absen dikarenakan ada urusan keluarga.  Namun latihan tetap berjalan sesuai dengan yang direncanakan.
 
Pada latihan perdana pasca libur tersebut, latihan dipimpin Mustaqim didampingi Uston Nawawi dan Bejo Sugiantoro, yang secara bergantian memberikan materi latihan kepada pemain.
 
Pada prinsipnya, strategi tahapa latihan para punggawa kesebelasan Persebaya dalam menghadapi persaingan ketat Liga 1 Indonesia dibagi menjadi tiga bagian utama, yakni:   Latihan dengan physical conditioning menjadi fokus dalam latihan pertama, kemudian fokus membenahi kondisi fisik pemain  melalui latihan dengan intensitas tinggi, dan terakhir tentu saja latihan yang menyentuh bagian teknis dari strategi permainan.

Latihan dengan pendekatan physical conditioning dilakukan selama 60 menit pada latihan perdana, dengan meniadakan menu taktikal dalam latihan, hanya latihan ball possession, rondo dan running with the ball, dengan tujuan berusaha dengan pelan-pelan menaikkan kondisi fisik pemain melalui latihan intensitas sedang.

Pada latihan berikutnya, mulai dilakukan pelatihan dengan fokus membenahi kondisi fisik pemain, sebelum nantinya menyentuh bagian teknis strategi permainan.  Selama latihan 90 menit, 60 persennya dihabiskan dengan circuit training.  Pemain dibagi dalam empat bagian dan mengisi empat pos, kemudian diminta berlari dari pos ke pos hingga memenuhi target yang diinginkan.
 
Rencananya, setelah Sabtu lusa, anak-anak Bajul Ijo asuhan Aji Santoso dijadwalkan akan mulai mengenyam latihan intensitas tinggi dengan lebih berfokus pada teknis permainan.  Melalui strategi ini, diharapkan permainan Persebaya dapat terjaga konsisten sepanjang menjalani kompetisi laga di Liga 1 Indonesia.