Perubahan Formasi Pemain dan Jalannya Laga Liverpool Kontra West Ham

Pasca laga kontra Tottenham Hotspur, kemudian harus berlaga melawan West Ham, Liverpool terpaksa harus membuat perubahan formasi pemain pada laga tandang ke markas West Ham untuk memastikan seluruh pemain dalam kondisi terbaiknya.

Tiga perubahan formasi pemain tersebut di antaranya, Nathaniel Phillips menggantikan Joel Matip yang cedera di pertahanan tengah.  Kemudian Divock Origi dan Shaqiri dimasukkan menggantikan Sadio Mane dan Firmino.

Sebagaimana diketahui, Sadio Mane yang sempat mencetak gol kala menjalani laga tandang menghadapi Tottenham Hotspur mengalami masalah cedera otot ringan yang diderita ketika menjalani laga melawan tuan rumah, sehingga terpaksa absen dari formasi pemain melawan West Ham.

Secara keseluruhan, seperti pada laga-laga sebelumnya Liverpool bermain dengan menguasai jalannya pertandingan dengan dominasi bola hingga mencapai 68% dan akurasi umpan 89%,  berbanding 32% penguasaan bola dan akurasi umpan 76% untuk West Ham.

Namun pada laga kali ini, tampak lini pertahanan The Reds cukup solid menghalau serangan lawan, dimana sepanjjang laga 45 x 2 menit, West Ham hanya punya 8 kali kesempatan melakukan tendangan ke arah gawang, hanya ada 2 kali yang akurat mengarah ke gawang dan tidak ada yang terkonversi menjadi gol.

Sementara itu, lini serang Liverpool mengalami peningkatan performa, meski hanya mampu melakukan 14 kali percobaan ke arah gawang (terendah kedua sejak laga melawan West Brom/lihat statistik, klik di sini), akan tetapi serangan yang tajam membuatnya lebih efektif dengan 6 kali tepat sasaran, serta mampu dikonversi menjadi 3 gol.

Pada saat laga memasuki menit kelima babak pertama, Liverpool telah membuat tim tuan rumah risau kala Origi melepaskan tembakan peringatan pertamanya ke arah gawang West Ham meski masih melebar dari tiang dekat, setelah memanfaatkan umpan Shaqiri.

Ancaman tim tamu berlanjut ketika Wijnaldum segera melepaskan tembakan di atas mistar gawang dari jarak sekitar 25 meter, sebelum akhirnya dalam beberapa lama Liverpool bermain dengan penguasaan bola tanpa membuat serangan berarti ke gawang West Ham.

Namun, kemudian ancaman datang dari tuan rumah ketika membangun serangan dari sayap kiri yang mengalirkan bola ke Pablo Fornals di dalam kotak penalti. Namun upaya ini dapat dicegah dengan defleksi dari James Milner diikuti oleh sundulan Andy Robertson.

Kini, giliran Liverpool membuat lini belakang West Ham harus bekerja keras ketika umpan lambung ke dalam kotak penalti yang membuat Moh Salah melepaskan umpan kepada Shaqiri, namun sayangnya masih berhasil diblok Dawson.

The Reds menebar ancaman lainnya melalui Thiago Alcantara yang mengirim umpan rendah dari sudut kiri area West Ham menuju area pergerakan Origi ke arah tiang dekat, namun posisi yang kurang tepat menyebabkan upayanya susah mengenai sasaran.

Jelang laga babak pertama berakhir dengan hasil imbang, Liverpool masih sempat mengancam gawang West Ham ketika Mohamed Salah menembak langsung ke arah gawang dari jarak jauh tapi mampu ditepis penjaga gawang. 

Pada beberapa menit awal babak kedua, umpan langsung Origi di sisi kiri mampu menciptakan ruang bagi Moh Salah untuk bergerak ke tengah, namun sayangnya sentuhannya ke arah gawang dapat dihentikan Aaron Cresswell.

Berikutnya ancaman justru datang dari West Ham ketika Antonio bermanuver membawa bola yang akhirnya berbelok ke dalam kotak penalti, namun upayanya meleset dari sasaran di sisi kanan gawang, tetapi ancaman ini tampaknya ditanggapi serius oleh Jurgen Klopp.

Manajer Liverpool itu kemudian segera melakukan perubahan pertama, dengan memasukkan Curtis Jones dengan menarik Milner.  Kepercayaan sang manajer itu tidak disia-siakan Jones yang pada menit ke-57 mampu menciptakan peluang bagus bagi timnya.

Curtis Jones membawa bola melewati tengah diumpankan ke Moh Salah, yang kemudian stiker ini bermanuver dengan bergerak bersama bola menciptakan ruang yang cukup baginya untuk melepaskan tendangan melengkung ke sudut lawan, dan gol pertama Liverpool tercipta.

Moh Salah kembali menciptakan gol yang mampu menggandakan keunggulan bagi Liverpool pada menit ke-68 melalui upaya serangan balik , yang berawal dari pemain lini belakang The Teds, Robertson yang berupaya mentralisir tendangan sudut West Ham. 

Sentuhan pertama Shaqiri memberi umpan ke Salah yang dengan lihai menahan bola dengan kaki kanannya, kemudian dengan cepat mengarahkan bola ke sudut gawang dan melewati Fabianski yang berusaha mengantisipasi datangnya bola dengan tangan kirinya.

Gol ketiga Liverpool tercipta berkat kerjasama yang apik antara Firmino dan Alex Oxlade-Chamberlain yang datang sebagai pemain pengganti, membantu Wijnaldum menciptakan gol pamungkas bagi tim tamu, dengan melalui umpan Firmino yang mengarah ke kotak penalti dan Wijnaldum menjadikannya gol ketiga.

Ketinggalan tiga gol tidak menyurutkan semangat perlawanan tim tuan rumah untuk membalas.  Dawson menciptakan gol satu-satunya bagi West Ham ketika sang pemain bergerak dari sudut ke dalam kotak penalti. 

Hasil laga ini memperbaiki posisi klasemen sementara Liga Premier Inggris 2020-2021 untuk Liverpool yang mampu naik ke peringkat ketiga dengan 40 poin, di bawah Manchester United yang mengantongi 41 poin dan di atas Leicester City dengan selisih hanya satu poin.


Artikel Terkait