Tips WHO untuk Keamanan Makanan Selama Pandemi Covid-19

World Health Organization (WHO) dalam laman resminya terkait dengan isu pandemi Covid-19 menuliskan sebuah artikel yang berkaitan dengan menjaga keamanan makanan selama Covid-19, dengan judul aslinya "Tips for Food Safety during COVID-19".

Pada laman tersebut, WHO menegaskan tidak ada bukti bahwa COVID-19 dapat menyebar melalui kontak dengan  berbagai makanan atau kemasan makanan. 

Penyakit yang disebabkan COVID-19 secara umum dianggap menyebar dari orang ke orang. Namun, selalu penting untuk menjaga kebersihan saat menangani makanan untuk mencegah penyakit yang ditularkan melalui makanan. 

Oleh karena itu, lembaga kesehatan dunia PBB tersebut menganjurkan semua oirang untuk mengikuti lima kunci WHO untuk makanan yang lebih aman, dengan cara:  (1) Senantiasa menjaga kebersihan, (2) memisahkan bahan makanan mentah dan matang.

Berikutnya untuk makanan yang lebih aman menurut WHO adalah: (3) dengan memasak bahan makanan hingga matang, (4) menyimpan makanan pada suhu yang aman, dan (5) menggunakan air dan bahan mentah yang aman.

Demikian beberapa tips WHO untuk menjaga keamanan makanan selama masa pandemi Covid-19.  Bagi semua pembaca dianjurkan untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, guna lebih menjamin makanan yang dikonsumsi lebih aman terhadap berbagai potensi yang merusak ataupun menimbulkan penyakit pada tubuh.


Artikel Terkait