Seluruh Warga di Desa ini Dapat Akses Internet Gratis dan Difasilitasi Komputer, Bagaimana Bisa?

Ada sebuah desa terpencil yang berada di kaki Gunung Slamet, Banyumas, Jawa Tengah dikenal sebagai desa melek internet, dimana seluruh warga desanya dapat mengakses internet secara gratis.  Desa tersebut dikenal di sekitarnya sebagai Desa  Melung.  

Program tersebut dikelola sepenuhnya oleh Pemerintah Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dan sebagai penanggung jawab program dipegang Kepala Desa setempat.

Program aksss internet gratis untuk seluruh warga desa tersebut diinisiasi dan dikembangkan oleh Kepala Desa sebelumnya yang sudah purna tugas, Budi Satriyo, seorang Kepala Desa yang patut dipuji karena visi kepemimpinannya.

Saat menjabat Kepala Desa, pak Budi Satriyo memulai proyek tersebut pada tahun 2008 dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun untuk merealisasikan harapannya agar seluruh wilayah di desanya dinaungi hotspot internet gratis.

Beliau awalnya pada saat itu mencoba memprakarsai pendirian antena koneksi internet dengan menggunakan produk layanan teknologi CDMA. Namun ternyata koneksi internet yang dihasilkan dari teknologi ini dirasa kurang memuaskan.

Oleh karena itu pada 2009, Desa Melung memutuskan untuk beralih ke teknologi internet berbasis kabel. Kemudian ditindaklanjuti dengan memasang antena omni dan Wi-Fi, hingga akhirnya seluruh wilayah Desa Melung yang luasnya 1.320 hektar itu dapat mengakses koneksi internet.

Dampaknya, hampir semua warga masyarakat desa tersebut bisa berinternetan dan sudah memiliki akun sosial media, seperti facebook dan twitter.

Tidak berhenti sampai di situ, di area kantor Desa Melung saat ini juga dilengkapi dengan sarana komputer yang dimanfaatkan seluruh kalangan warga desa untuk belajar komputer, baik petani, perempuan, pemuda, maupun kelompok ekonomi desa.

Berkat keberhasilan program akses internet gratis ini, masyarakat dapat mengetahui perkembangan harga pertanian untuk hasil panennya di pasar, yang memiliki potensi perikanan gurami, sehingga peternak gurami akan lebih mudah memasarkan hasil pertaniannya itu. 

Melalui fasilitas komputer dan internet gratis bagi seluruh warga desa Melung ini, ,maka tinggal menunggu waktu saja akhirnya pada suatu saat dari desa ini akan muncul generasi yang mampu memberikan kontribusi besar bagi lingkungan, masyarakat, bahkan bangsa dan negara pada masa-masa yang akan datang.


Artikel Terkait