Masuk 20 Besar Dunia 2021, Militer Indonesia Tetap Terkuat di Kawasan Asia Tenggara Plus Australia

Sebagaimana periode tahun-tahun sebelumnya, GolbalFirePower secara berkala mumpublikasikan pemeringkatan negara berdasarkan indeks kekuatan militernya, yang sebagaimana sebelumnya pada tahun ini publikasi dilakukan pada awal Januari 2021.

Pemeringkatan dilakukan terhadap 138 negara di dunia dari 193 negara secara keseluruhan, dimana Vatikan dan Palestina adalah dua entitas lainnya yang dilabeli negara pengamat dalam forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada hasil pemeringkatan ini, Amerika Serikat, Rusia dan Tiongkok tetap konsisten menjadi tiga negara teratas dalam kekuatan militernya tanpa ada perubahan berarti dari tahun sebelumnya, meski persaingan sengit telah terjadi di antara ketiganya.

Baca juga:  Kekuatan Militer Nomor Wahid Dunia, Amerika Serikut yang Belum Tergeser Versi GolbalFirePower

Sementara itu, negara yang kita cintai ini, Indonesia berada di peringkat 16 secara global, peringkat kesemblian dari seluruh negara di kawasan Asia, dan peringkat pertama di kawasan Asia Tenggara.  Posisi ini tidak bergeser dari tahun sebelumnya.

Pada posisi 20 besar secara global,  posisi Indonesia mengungguli Arab Saudi yang bertengger di posisi ke-17, Spanyol di peringkat ke-18, Australia menduduki ranking ke-19, dan Israel pada posisi peringkat ke-20.   Sementara di level Asia, Indonesia berada di peringkat kesembilan di atas Arab Saudi yang berada di peringkat kesempuluh.

Baca juga:  Inilah Kekuatan Militer Indonesia yang Disebut Menduduki Peringkat 16 Besar Dunia

Apabila posisi Indonesia konsisten di peringfkat ke-16 secara global tanpa menunjukkan perubahan signifikan, maka ada tiga negara di kawasan Asia Tenggara yang mengalami kenaikan yang cukup diperhitungkan GlobalFirePower, yakni Singapura, Kamboja dan Laos.

Posisi Indonesia di peringkat pertama di kawasan Asia Tenggara bahkan apabila ditambah Australia sekalipun (Asean Plus), maka pada peringkat kedua Vietnam, disusul Thailand, Myanmar, Singapura, Malaysia, Filipina, Kamboja dan Laos.  Asutralia akan berada di urutan kedua setelah Indonesia apabila ditambahkan.

Pada laman resminya, GlobalFirePower menjelaskan bahwa Peringkat Global Firepower menggunakan lebih dari 50 indikator spesifik untuk menentukan skor PowerIndex ('PwrIndx') suatu negara dengan kategori mulai dari kekuatan militer dan keuangan hingga kemampuan logistik dan geografi.

Baca juga: Metode GolbalFirePower Menilai Kekuatan Militer Negara di Dunia

Formula yang dikembangkan GlobalFirePower bersifat unik memungkinkan negara-negara yang lebih kecil, lebih berteknologi maju, bersaing dengan yang lebih besar, kurang berkembang dan koreksi khusus, dalam bentuk bonus dan penalti, diterapkan untuk lebih menyempurnakan daftar tahunan.


Artikel Terkait