Manuver Unjuk Kekuatan Angkatan Laut Tiongkok di Laut China Timur

Dalam upaya untuk melatih dan memelihara kekuatan militer agar selalu dalam keadaan siap tempur, kekuatan Militer Tiongkok berinisiatif untuk mengadakan latihan militer secara berkala, tetapi jarang sekali latihan dilakukan secara bersamaan.

Latihan terakhir tampak dilakukan pada awal Januari 2021 baru beberapa hari ini, ketika Angkatan Laut Tiongkok melakukan latihan militer tembakan langsung di Laut China Timur.  Militer Tiongkok telah melakukan latihan tembakan selama empat hari di Laut China Timur, sebagaimana dikutip dari South China Morning Post.

Pada gelar latihan tersebut, Tentara Pembebasan Rakyat mengirim kapal perusak berpeluru kendali Taiyuan, Hangzhou, Taizhou dan fregat Zhoushan untuk melakukan beberapa latihan militer pada awal Januari 2021.

Latihan tersebut, yang melibatkan gangguan radar, pertempuran laut, serta misi pencarian dan penyelamatan, dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan detasemen untuk respon cepat di bawah kondisi laut musim dingin yang keras, kata PLA.

Latihan serupa juga pernah digelar pada bulan Agustus 2020 yang  lalu, dimana Tiongkok mengumumkan empat latihan terpisah, dari Laut Bohai ke Laut Timur dan Kuning dan turun ke Laut China Selatan yang disengketakan, yang menurut pakar militer Tiongkok adalah latihan yang jarang dilakukan.


Artikel Terkait