Manchester City Menang Tipis, Ini Strategi yang Diterapkan Sheffield United

Menjalani laga putaran ke-20 Liga Premier Inggris 2020-2021 bagi Menchester City bukan sesuatu yang dapat disebut mudah, karena mengingat lawannya adalah Sheffield United, yang baru saja menumbangkan  Manchester United pada laga sebelumnya.

Sheffield United ketika memasuki laga sepanjang tahun 2021 ini merupakan perserta Liga Premier yang tidak mudah dikalahkan dan apabila dikekalahan selalu berakhir dengan skot tipis. Artinya lawan Sheffield United selalu dipaksa bekerja keras untuk mampu menundukkannya.

Tak terkecuali Manchester City yang berlaga melawan Sheffield United pada hari Sabtu malam kemain wib, tanggal 30 Januari 2021.  Praktis pertandingan berjalan cukup alot, terutama di babak kedua setelah kedudukan 1 : 0 untuk keunggulan The Cityzens tercipta pada babak pertama.

Manchester City unggul atas tim tamu melalui gol yang tercipta pada menit ke-9 lewat kerjasama yang dibangun Ferran Torres yang mendapat bola lambung kemudian bermanuver bersama bola yang membuat pertahanan Sheffield tak mampu berbuat banyak.

Selanjutnya pemain bernomor punggung (21) ini akhirnya melepaskan umpan silang pendek ke Gabriel Jesus yang kemudian dengan mudah membobol gawang Sheffield United yang dijaga Aaron Ramsdale dan mencetak gol. Skor menjadi 1-0 untuk Man City.

Pada laga tersebut Sheffield United yang menerapkan formasi defensif 5-3-2 ditambah tiga kali penyelamatan gemilang penjaga gawang Aaron Ramsdale, sebenarnya cukup berhasil menjaga wilayah pertahanannya ketika serangan Manchester City datang menggedor lini belakang Sheffield United. 

Praktis, formasi ini akan mampu melapisi lini belakang dengan delapan pemain apabila serangan lawan datang mengancam pertahanan tim.  Faktanya pada laga tersebut, strategi ini menyulitkan The Citizens untuk menambah gol keunggulan hingga babak kedua berakhir.

Manchester City yang sebagian laga yang dijalaninya selalu berakhir dengan skor tebal dipaksa hanya mampu menang tipis kali ini.  Praktis setelah mencetak satu gol pada babak pertama, tidak ada lagi gol yang mampu diciptakan The Citizens setelahnya.

Hasil akhir laga kali ini memperkokoh posisi Manchester City di puncak klasemen sementara, menjaga jarak 3 poin dengan Manchester United dan masih menyisakan satu laga dibanding rival satu kotanya tersebut, sementara Sheffield United harus puas di posisi paling bawah papan klasemen.


Artikel Terkait