Bermain Lebih Efektif, Manchester City Menangkan Laga Kontra Chelsea

Manchester City telah sukses menjalani laga tandang ke markas Chelsea di Stamford Bridge pada putaran laga Liga Premier Inggris 2020-2021 pekan ke-15 bagi City pada hari Minggu, 3 Januari 2021, pukul 23.30 wib, dengan mencuri poin sempurna dari tim tuan rumah.

Chelsea dibuat tak berdaya Manchester City dalam waktu tidak kurang dari 16 menit pada babak pertama ketika secara beruntun tiga pemain The Citizens mencetak 3 gol keunggulan yang sangat mempengaruhi permainan pasukan The Blues.

Ilkay Gundogan, Phil Foden dan Kevin De Bruyne mencatatkan namanya di papan skor dan membuat tim tuan rumah kesulitan mengembangkan permainan di sisa waktu laga, sebelum akhirnya mampu menciptakan gol balasan di penghujung laga di menit-menit perpanjangan waktu.

Chelsea yang bermain lebih dominan menguasai jalannya pertandingan dengan penguasaan bola lebih banyak dan akurasi umpan yang lebih baik dengan menerapkan formasi 4-3-3 harus berhadapan dengan Manchester City yang kali ini lebih fokus memperkuat lini belakang dan mengefektifkan serangan dengan formasi 4-2-3-1 yang dikenal dengan transisi cepatnya.

Akibatnya, tiga penyerang andalan Chelsea Timo Werner, Christian Pulisic dan Hakim Ziyech yang diturunkan bersamaan harus berjuang keras dan mengalami kesulitan untuk menembus lini pertahanan Manchester City yang kokoh dan solid.

Sementara itu, di tengah upaya Chelsea mendobrak lini pertahanan The Citizens, para pemain depan Manchester City mulai menemukan celah dan momentum serangan yang mampu menakhlukkan lini pertahanan dan penjaga gawang The Blues pada menit ke-18.

Kevin De Bruyne nyaris menciptakan gol pertama untuk The Citizens pada menit ke-16, sayangnya tendangan masih melebar. Sesaat kemudian, Raheem Sterling melakukan tembakan yang mampu diantisipasi penjaga gawang Chelsea.

Tidak membutuhkan waktu lama setelah itu, Gundogan mampu memaksimalkan umpan Forden dari bola rendah Oleks Zinchenko di sebelah kiri, dan melepaskan tembakan rendah ke sudut kanan bawah yang berbuah gol pertama untuk keunggulan The Citizens.

City menggandakan keunggulan pada menit ke-21 melalui gol yang diciptakan melalui tendangan Foden di tiang dekat yang tidak memberi kesempatan kepada Mendy mengantisipasi, berkat permainan umpan-umpan cantik antara Zinchenko, De Bruyne, Azpilicueta, dan Foden.

Pada menit ke-34, Chelsea lagi-lagi dpaksa memulai permainan dari lingkaran tengah lapangan setelah pemain lini depan Manchesrer City, De Bruyne mencetak gol ketiga meninggalkan Chelsea yang masih belum mampu membalas satu pun gol ke gawang The Citizens.

Ketika babak kedua dimulai, Manchester City dalam keadaan on-fire berkat permainan yang mampu menciptakan tiga gol tanpa balas di babak pertama secara beruntun, dan konsisten memainkan pola yang sama, sehingga tim tuan rumah kesulitan menembus pertahanan City.

Sepanjang babak kedua, tidak ada tanda-tanda gol akan tercipta, kecuali sundulan kuat Rodrigo yang mampu diantisipasi Mendy, sebelum akhirnya melalui serangan balik pada menit perpanjangan waktu, Chelsea berhasil menembus pertahanan City, dan Callum Hudson-Odoi berhasil mencetak gol semata wayang Chelsea.

Hasil laga kedua tim ini menempatkan Manchester City pada peringkat kelima dengan torehan 29 poin, sedangkan Chelsea harus puas bergeser turun ke peringkat 8 klasemen sementara Liga Premier Inggris 2020-2021.


Artikel Terkait