Baru-Baru ini, UEFA Menetapkan Real Madrid Memimpin Klasifikasi Paling Bersejarah di Piala Eropa

Belum lama ini, Asosiasi Sepakbola Eropa (UEFA) telah menyelesaikan pekerjaan dengan menyusun satu klasifikasi berisikan 30 tim terbaik Eropa ketika berlaga di kompetisi kancah Eropa, yang didasarkan pada data-data statistik setiap laga yang dijalankan 10 tim terbaik Eropa.

Hasilnya, sebagaimana dilansir dalam laman resminya, Real Madrid memimpin ranking yang disusun oleh UEFA, berada di depan Bayern Muenchen dan Barcelona. Fakta ini kembali menegaskan bahwa Real Madrid telah berhasil menorehkan prestasi dengan menegaskan menjadi tim terbaik dalam sejarah ​Piala Eropa dibanding 10 tim terbaik Eropa lainnya.

Hingga akhir tahun 2020, Real Madrid memimpin klasifikasi dalam kompetisi tersebut yang disusun oleh UEFA sesuai dengan sistem yang memberikan kepada setiap tim dua angka untuk setiap kemenangan dan satu angka bagi setiap hasil seri dalam semua pertandingan yang telah dimainkan sejak diciptakannya turnamen tersebut. 

Sudah diketahui bersama bahwa Real Madrid, klub dengan meraih gelar terbanyak di kancah Eropa dengan 13 gelar juara.  Namun baru kali ini diketahui bahwa Real Madrid ternyata juga memimpin rangking dengan 607 poin, melampaui Bayern Muenchen (495 poin dan 6 gelar) dan Barcelona (459 poin dan 5 gelar).

Fakta ni menegaskan bahwa selain memimpin dalam hal jumlah Piala Eropa, Real Madrid dalam sejarah Piala Eropa merupakan tim dengan kemenangan terbesar (265) dan yang paling banyak mencetak gol (984). Jauh berada didepan para saingan terdekatnya : 

Bayern Muenchen (211 kemenangan dan 742 gol) dan Barcelona (193 kemenangan dan 651 gol). Dilain pihak, sejak berjalannya turnamen pada tahun 1955, klub kita memiliki rekor partisipasi dan dimusim ini sedang mengikuti penyelenggaraannya yang ke 51.

Berdasarkan hasil penyusunan dan klasifikasi UEFA terhadap 30 tim terbaik Eropa menurut data-data statistik hasil laga hingga tahun 2020, setelah Real Madrid, Bayern Muenchen dan Barcelona, posisi berikutnya adalah Manchester United (380 poin dan 3 Piala Eropa), 

Kemudian disusul Juventus (361 poin dan 2 gelar) dan AC Milan (314 poin dan 7 gelar). Setelah itu Liverpool (298 poin dan 6 gelar), Benfica (287 poin dan dua gelar juara) dan Oporto (286 poin dan dua gelar juara). Menutup daftar top ten adalah Ajax (271 poin dan 4 gelar).


Artikel Terkait