Inilah Video Penyelamatan Fantastis Kelleher Saat Liverpool Hadapi Ajax

Laga lanjutan pada putaran kelima (hari kelima) laga penyisihan Group D Liga Champions 2020-2021 yang mempertemukan Liverpool sebagai tim tuan rumah berhadapan dengan tim tamu, Ajax Amsterdam berlangsug sengit sejak awal.

Jual beli serangan terjadi pada dua tim yang memperagakan formasi yang sama, formasi 4-3-3. karena kedua tim bermain iofensif dan terbuka hingga babak akhir, meski memasuki waktu menjelang akhir babak kedua, kedua manajer tim menerapkan strategi yang berbeda.  

Pada sekitar waktu tersebut, Jurgen Klopp ingin memastikan keunggulan Liverpool tetap bertahan dengan memperkuat lini pertahanan dengan menarik striker digantikan dengan pemain bertahan, sedangkan Ajax justru ingin menaikkan tensi serangan, dengan menarik pemain bertahan digantikan dengan pemain penyerang.

Hal ini tampak jelas ketika memasuki menit ke-86, manajer Ajax  menarik pemain bertahan, Noussair Mazraoui (17) digantikan dengan pemain penyerang, Klaas-Jan Huntelaar (9), sedahgkan di sisi Liverpool, penyerang Mohamed Salah (11) digantikan dengan pemain bertahan, Rhys Williams (46).

Sebenarnya seluruh upaya Ajax bukannya sia-sia, tetapi  upaya pertahanan Liverpool yang cukup efektif dan disiplin menimbulkan kesulitan tersendiri bagi aliran serangan Ajax, termasuk peran signifikan penjaga gawang Liverpool yang tampil cemerlang pada laga tersebut.

Bagaimana tidak, penjaga gawang yang baru memulai debutnya di Liga Champions tersebut mampu melakukan penyelamatan fantastis kala menghadang bola serangan Ajax yang mengancam gawangnya.  Salah satu upaya brilian itu dapat disaksikan pada tanyangan video singkat di bawah ini.

Pada tayangan video tersebut, tampak bagaimana penjaga gawang Liverpool, Caoimhín Kelleher (62) melakukan penyelamatan gawangnya secara spaktakuler dari kemungkinan kebobolan gol ketika tendangan deras, kuat dan terarah pemain Ajax, Noussair Mazraoui (12) dari luar kotak penalti membidik pojok kanan atas gawangnya.

Pada akhir laga, tampak Jurgen Klop, sang manajer Liverpool berlari menuju ke lapangan memeluk Caoimhín Kelleher (62) untuk memberikan apresiasi atas pencapaian kinerja yang sangat baik menjaga gawang selama laga berlangsung.

Pada laga tersebut, selain Caoimhín Kelleher (62), dua pemain lainnya yang berjasa terhadap terciptanya gol tunggal Liverpool, yakni Neco Williams (76)  yang memberikan assist dan Curtis Jones (17) sang pencetak gol layak disebut "pahlawan" Liverpool pada laga tersebut.

Go,l tunggal yang menentukan kemenangan Liverpool atas Ajax Amsterdam tersebut, tercipta pada menit ke-58, ketika umpan matang Neco Williams (76) dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Curtis Jones (17) yang telah mengambil posisi sangat dekat dengan tiang gawang, kemudian mengkonversikannya menjadi gol.

Hasil keunggulan pertandingan ini lebih dari cukup menghantarkan Liverpool lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2020-2021 dengan bertengger di puncak klasemen sementara karena masih menyisakan satu laga lagi, ketika Livepool harus bertandang ke markas Mydtiylland pada Kamis, 10 Desember 2020 mendatang.