Unggul Segalanya Lawan Fulham, Liverpool Dipaksa Puas Berbagi Angka

Liverpool menghadapi laga tandang ke markas Fulham dalam putaran pekan ke- Liga Premier Inggris 2020-2021, yang berlangsung pada hari Minggu, tanggal 13 Desember 2020, pukul 23.30 wib, di stadion Craven Cottage, Fulham, London SW6 6HH, Inggris. 

Pada laga tersebut, L:iverpool sangat mendominasi penguasaan bola hingga mencapai 3/4 pertandingan dan praktis menyisakan 1/4 saja untuk Fulham.  Demikian juga dengan jumlah operan dan akurasi operan hingga mencapai 86% untuk Liverpool berbanding hanya 66% untuk Fulham.

Namun peluang menciptakan gol kedua tim tidak jauh bebeda, dimana Liverpool melakukan percobaan tendangan ke arah gawang sebanyak 12 kali dan 6 kali di antaranya tepat sasaran, sementara Fulham melakukan percobaan tendangan ke arah gawang sebanyak 10 kali dan 5 kali di antaranya tepat sasaran.

Fakta ini menegaskan bahwa kedua tim yang menerapkan strategi formasi yang berbeda dimana Liverpool dengan formasi 4-3-3 dan Fulham dengan formasi 3-4-2-1, sama solidnya dalam membangun pertahanan dari ancaman serangan lawan.

Formasi 3-4-2-1 Fulham memang idealnya mampu melakukan transisi dari menyerang dan bertahan dengan cepat, sehingga dapat dipastikan Fulham akan memanfaatkan kesempatan emas melakukan serangan baik, oleh karena itu percobaan tendnagan ke arah gawang lebih edikit, tetapi mampu menjaga pertahanan dengan baik.

Sementara Liverpool sebagai tim papan atas Liga Premier tentu saja lebih berpengalaman membangun serangan dan sekaligus mengokohkan pertahanan, sehingga praktis mengurangi peluang lawan mencetak gol.

Keunggulan Fulham pada babak pertama tidak terlepas dari permainan Fulham yang mendominasi paruh pertama babak pertama, dengan tekanan serangan yang begitu kuat ke lini pertahanan Liverpool, sehingga memaksa lini formasi Liverpool ditarik lebih ke belakang.

Hingga pada menit ke-25, pemain gelandang bertahan Fulham, Bobby De Cordova-Reid (14) berkesempatan mencetak gol untuk Fulham dengan memaksimalkan assist dari pemain gelandang serang, Ademola Lookman (19).

Namun, setelah itu Liverpool tampil sangat mendominasi dan berlanjut pada babak kedua.  Mohamed Salah mendapatkan kesempatan tendangan penalti setelah tendangan bebas Georginio Wijnaldum (5) dihadang lengan pemain Fulham, Abou Kamara.

 Tendangan penalti dieksekusi dengan sempurna oleh Mohemed Salah pada menit ke-79 dan merubah kedudukan 1  :  1 untuk kedua tim, setelah Fulham unggul lebih dahulu pada pertengahan babak pertama.

Gelombang demi gelombang serangan Liverpool menghantam lini pertahanan Fulham pada 15 menit tersisa tetapi pemain bertahan Fulham secara mengagumkan untuk mendapatkan satu poin.

Hasil akhir dari pertandingan ini memaksa kedua tim berbagi angka, untuk sementara Liverpool tetap bertahan di posisi kedua klasemen sementara sedangkan Fulham harus puas di posisi ke-17 klasemen sementara Liga Premier Inggris 2020-2021.

_____________________

Fulham: Areola, De Cordova-Reid, Aina, Andersen, Adarabioyo, Robinson; Anguissa, Lemina (Reed 80'), Loftus-Cheek (Kamara 74'); Cavaleiro, Lookman (Bryan 88').

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold (Williams 69'), Matip (Minamino 46'), Fabinho, Robertson; Jones, Henderson, Wijnaldum; Salah (Origi 82'), Firmino, Mané.