Tutup Tahun, Liverpool Raih Tiga Penghargaan Bergengsi di Akhir Tahun 2020

Sekitar dua minggu yang lalu, tepatnya tanggal 18 Desember 2020, Liverpool FC dinobatkan sebagai Tim Terbaik Tahun 2020 dan Jurgen Klopp diberi penghargaan sebagai Pelatih Terbaik 2020 dalam ajang  penghargaan BBC Sports Personality of the Year. Liverpool dinilai pantas dan tepat menerima penghargaan tersebut.

The Reds di bawah asuhan manajer Jürgen Klopp dianggap layak menerima penghargaan tersebut setelah tim bersama manajer mampu memenangkan gelar Liga Premier pada bulan Juli 2020 untuk mengakhiri penantian tiga dekade The Reds untuk menjadi juara liga.

Raihan tersebut dinilai sebagai rangkaian konsistensi kemenangan Liga Champions 2018-2019 di bulan Juni yang diboyong Liverpool bersama Jurgen Klopp , dan rekor pada saat The Reds merebut liga pada 2019-20 dengan memecahkan rekor tujuh pertandingan tersisa dengan total poin rekor klub 99.

Tak sampai di sini, pada musim yang sama, Liverpool juga memenangkan Piala Dunia Klub FIFA untuk pertama kalinya, serta memenangkan Piala Super UEFA. Berlanjut pada 2020-21, tim Klopp kali ini masih duduk di puncak klasemen Liga Premier dan telah memperpanjang rekor tak terkalahkan di Anfield di liga menjadi 66 pertandingan.

Tak cukup hanya dua penghargaan ini, karena sehari sebelumnya, manajer Liverpool, Jurgen Klopp juga disebut sebagai The Best FIFA Men's Coach pada The Best FIFA Football Awards.  Pada laman resminya, Jurgen Kloop disebut sebagai seseorang yang terbiasa membuat sejarah.

FIFA menegaskan tidak perlu heran jika Jurgen Klopp menjadi orang pertama yang memenangkan Penghargaan Pelatih Pria Terbaik FIFA dalam tahun-tahun berturut-turut, hingga penghargaan yang diperolehnya saat ini. 

Setelah menerima penghargaan yang sama pada tahun 2019 karena membawa Liverpool meraih gelar Eropa pada ajang Liga Champions, Klopp mempertahankan mahkota tersebut berkat kampanye domestik yang luar biasa dan memecahkan rekor.

The Reds memenangkan Liga Premier Inggris dengan rekor klub 99 poin, raihan terbanyak kedua dalam sejarah kompetisi, dan melakukannya dengan memainkan sepakbola yang berani dan menarik. terpenting, mampu mengakhiri penantian 30 tahun klub untuk gelar liga.

Laman resmi Liverpool menyebut Klopp memenangkan penghargaan tersebut setelah menyingkirkan persaingnya, Marcelo Bielsa, pelatih Leeds United dan Hans-Dieter Flick, pelatih Bayern Munich.  Klopp meraih tiga trofi,  Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA dan jawara Liga Premier musim 2019-2020.


Artikel Terkait