Tekuk West Ham, Kembalinya Chelsea ke Jalur Kemenangan


Chelsea mengemas kemenangan meyakinkan ketika berhadapan dengan West Ham di Stamford Bridge, dengan skor sangat meyakinkan 3 : 0 berkat serangan cepat di babak pertama oleh Thiago Silva dan dua gol dari Tammy Abraham pada laga hari Rabu, 22 Desember 2020.

Raihan ini ditorehkan The Blues berkat pendekatan strategi penguasaan bola sekaligus mengefektifkan serangan pada laga menghadapi West Ham yang diterapkan sang pelatih Frank Lampard yang memperagakan formasi 4-3-3 menghadapi formasi 4-2-3-1 West Ham.

Secara keseluruhan, permainan laga ini sedikit didominasi oleh Chelsea, baik dalam penguasaan dominasi bola yang hingga mencapai 54% menyisakan 46% untuk West Ham, dengan akurasi upan hingga mencapai 83% dibanding West Ham hanya 77% dan upaya percobaan tendangan ke arah gawang hingga mencapai 11 kali berbanding 6 kali untuk West Ham.

Fakta statistik pertandingan tersebut menegaskan bahwa keberhasilan lini serang Chelsea tidak sia-sia berkat kinerja pertahanan yang solid sehingga menyulitkan serangan West Ham untuk membuka peluang tendangan ke arah gawang. 

Keberhasilan strategi ini tidak terlepas dari upaya perubahan skuad yang dilakukan Lampard setelah kekalahan beruntun di laga tandang, dengan memilih untuk melakukan satu perubahan pada pertahanan, lini tengah, dan serangannya. 

:Lampard dihadapkan pada fakta Reece James tidak bisa dimainkan karena cedera, kemudian mencoba alternatif Cesar Azpilicueta yang kali ini tampil pada pertandingan liga Premier untuk pertama kalinya sejak 24 Oktober.

Sementara itu, Jorginho menggantikan Kai Havertz dengan N'Golo Kante pindah ke peran lini tengah yang lebih maju, sementara posisi  Olivier Giroud digantikan Tammy Abraham di lini depan. dan keputusan formasi pemain itu terbukti sukses di lapangan.

Thiago Silva memberi Chelsea keunggulan cepat pada menit ke-10 babak pertama melalui sundulan keras saat The Blues memanfaatkan bola mati. Sebuah gol yang melecut optimisme seluruh pemain untuk bermain lebih efektif.

Ketinggalan satu gol membuat West Ham terlecut untuk berusaha menyamakan kedudukan, dan melihat  beberapa peluang yang mengancam gawang namun belum juga berhasil membuat jala gawang Chelsea bergetar dengan enam kali percobaan tembakan, namun masih jauh dari kata akurat.

Pada babak kedua, Chelsea dibuat lega ketika Tammy Abraham menggandakan keunggulan pada menit ke-78, yang dengan cerdik mengonversi umpan matang Timo Werner, dan dua menit setelahnya mencetak gol keduanya dalam laga tersebut. 

Hingga babak kedua usai, kedudukan tidak berubah untuk kedua tim.  Chelsea kembali ke jalur kemenangan di pertandingan Liga Premier terakhir setelah sebelum gagal meraih poin ketika menghadapi Wolves dalam laga tandang.

Hasil laga ini menempatkan Chelsea pada peringkat kelima dari papan klasemen sementara tepat di bawah Everton, sedangkan West Ham harus puas berada di peringkat ke-10 klasemen sementara Liga Premier Inggris 2020-2021.


Artikel Terkait