Sengatan Inter Milan Panaskan Persaingan Group B Liga Champions 2020-2021

 

Tak disangka, ketika beberapa tim di beberapa group lain sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2020-2021 setelah menjalani 4 laga ada juga 5 laga seperti Liverpool, apapun hasil pertandingan di laga sisa, tetapi ternyata ini tidak  berlaku hal yang sama di group B.

Group B yang dihuni  Borussia Mönchengladbach, Inter Milan, Real Madrid dan Shakhtar Donetsk. (diurutkan sesuai dengan abjad), ternyata harus bersaing ketat hingga putaran akhir laga Group, yakni pertandingan putaran keenam.

Hal ini tidak terlepas dari peran besar Inter Milan yang memaksa pemuncak klassemen sementara, Borussia Mönchengladbach menyerah kalah di kandang Nerazzurri dengan skor 3 : 2, setalah Shakhtar Donetsk mengalahkan Real Madrid dalam laga kandang pada hari yang sama dengan skor 2 : 0.

Kemenangan Inter Milan ini menjadi sebab hingga pertandingan kelima telah bergulir untuk semua tim di group B, tidak ada satupun tim yang sudah dipastikan lolos babak 16 besar Liga Champions 2020-2021 hingga menjalani sisa satu kali lagi pertandingan pada putaran laga keenam berikutnya.

Group B yang hingga putaran (matchday) keempat  Liga Champions 2020-2021 telah memposisikan Borussia Mönchengladbach yang bertengger di puncak klasemen dan Real Madrid menyusul di bawahnya., ternyata mampu bergeser setelah laga kelima usai.

Untuk sementara hingga laga kelima,.  Borussia Mönchengladbach  tetap bertengger di posisi puncak klasemen, kemudian disusul Shakhtar Donetsk, baru kemudian Real Madrid dan terakhir Inter Milan.  Tetapi poin raihan masing-masing tim hingga laga kelima menyebabkan semua tim berpeluang lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2020-2021.

Laga terakhir putaran keenam yang akan menentukan lolos tidaknya keempat tim di Group B.  Pertandingan keenam layaknya sebagai partai final 4 tim karena peluangnya sama besar, uniknya final dengan melibatkan semua peserta yang terlibat dalam laga dari awal putaran Group B.

Kemenangan Inter Milan membangkitkan kembali asa Inter Milan dan pendukungnya untuk lolos babak 16 besar setelah terpuruk di papan terbawah klasemen hingga laga kelima ini.

Ketika Inter Milan mampu mengalahkan Shakhtar Donetsk  nantinya pada laga keenam dan Real Madrid berhasil menekuk tim taminya, Borussia Mönchengladbach, maka yang lolos ke babak16 besar adalah Real Madrid sebagai pemuncak klasemen dengan raihan 10 poin disusul Inter Milan dengan raihan 8 poin.

Borussia Mönchengladbach juga akan meraih 8 poin sebagaimana saat ini, tetapi perbandingan head to head dengan Inter Milan, membuat Borussia Mönchengladbach tersingkir dari runner up klasemen akhir Gorup B.  Borussia Mönchengladbach bermain imbang kala bertandang ke markas Inter Milan dan bahkan baru saja di kandangnya sendiri dipecundangi Inter Milan dengan skor ketat 2 : 3.

Skenario kedua, Inter Milan menundukkan Shakhtar Donetsk tetapi tidak mampu membendung kekuatan Borussia Mönchengladbach, maka yang lolos ke babak16 besar adalah Borussia Mönchengladbach sebagai pemuncak klasemen dengan raihan 11 poin disusul Inter Milan dengan raihan 8 poin.

Kecuali kalau Inter Milan seri dengan raihan 6 poin atau kalah melawan  Shakhtar Donetsk dengan raihan tetap  poin, maka dapat dipastikan Inter Milan akan gagal melaju ke babak 16 besar Liga Champions 2020-2021, sedangkan yang lolos terganung dari pertandingan lainnya antara Real Madrid melawan Borussia Mönchengladbach.