Satu Tahun Pencapaian PT. Pindad untuk Industri dan Industri Pertahanan Indonesia

 
Satu tahun pencapaian kinerja PT Pindad (Persero) untuk Indonesia, banyak yang telah dilakukan dan telah dicapai dengan berbagai tantangan yang dihadapi, terus-menerus berupaya meningkatkan kinerjanya selama satu tahun kepemimpinan Kementerian BUMN yang baru.

Pindad terus meningkatkan kinerja untuk memproyeksikan pencapaian visi menjadi bagian dari Top 100 Perusahaan Pertahanan Global tahun 2024, dengan menawarkan solusi dan produk yang berkualitas. melalui inovasi dan kemitraan strategis.

Berbekal pencapaian kinerja selama 1 tahun ini, Pindad akan terus berkarya dan siap untuk mendukung arahan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dalam memaksimalkan kolaborasi klaster industri pertahanan untuk berdikari dan mandiri. 

Selain di bidang Pertahanan dan Keamanan (Hankam), Pindad juga akan terus bereupaya mengembangkan kemampuan bisnis dalam produk industrial, yang selama ini juga telah dikembangkan oleh Pindad seperti pada masa pandemi Covid-19 saat ini, Pindad telah memproduksi ventilator untuk mendukung kebutuhan layanan kesehatan.

 Hingga saat ini,  Pindad telah menghasilkan produk-produk kendaraan tempur seperti Kendaraan Taktis 4x4 “KOMODO” dan Panser 6x6 “ANOA” yang telah diproduksi lebih dari 300 unit dengan berbagai varian serta ikut dalam misi perdamaian dunia PBB di berbagai Negara seperti Lebanon, Afrika Tengah, dan Sudan.

Pada tahun ini, Pindad telah mengembangkan dan memproduksi kendaraan taktis atau rantis 4 x 4 yang disebut dengan "Maung", dan sudah memperoleh pesanan 500 unit dari Kemenham, memperoleh surat pesanan 4 miliar amunisi kaliber kecil dari Kemenhan.

 


Pindad memperoleh kotrak pada tahun 2020 dari Kemenhan untuk pengadaan panser Cobra 8x8 untuk kavaleri dan juga pengadaan Medium Tank, yang merupakan produk kerjasama PT Pindad dan FNSS Turki yang dinamai Tank Harimau untuk infanteri



 

Pindad juga sudah mengembangkan varian-varian baru untuk alat berat seperti Amphibious Escavator, Long Arm Escavator, alat-alat pertanian seperti Harvester, Paddy Dryer, traktor, Rotatanam, serta Stungta X Pindad mesin pembakar sampah tanpa asap.


Pindad siap untuk terus-menerus berupaya dan berinovasi membangun kejayaan negeri melalui pengembangan indistri di bidang pertahanan dan keamanan (Hankam), serta industri yang bernilai strategis bagi kemajuan dan pembangunan bangsa.


Artikel Terkait