Ronaldo Raih Golden Foot Award, Messi Terima Penghargaan Pichichi


Tidak ada yang menyangkal, Cristiano Ronaldo dan Leonel Messi adalah dua pemain sepakbola profesional kelas dunia, sekaligus keduanya tidak jarang harus berhadapan satu sama lain mengingat keduanya tampil sebagai bintang pemain profesional pada masa yang sama.

Keduanya tidak jarang harus berhadapan satu sama lain, baik ketika harus bermain di lapangan hijau membela timnya masing-masing atau ketika harus bersaing menerima penghargaan bergengsi sebagai seorang pemain sepakbola profesional.

Pendukung kedua pemain bintang tersebut mungkin akan ingat selamanya bagaimana kedua pemain ini harus bersaing mendapatkan Balon D'or atau Pemain Terbaik FIFA dalam beberapa kali kesempatan, dan juga tidak jarang berhadapan ketika Ronaldo membela Real Madrid dan Messi memperkuat Barcelona atau bahkan ketika Ronaldo saat ini menjadi pemain Juventus.

Berdasarkan rilis laman resmi FIFA, sejauh ini Cristiano Ronaldo menerima penghargaan pemain terbaik FIFA pada periode 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017.  Sedangkan Leonel Messi memenangkan trofi tersebut pada periode 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019.

Pada periode 2020, penghargaan Pemain Terbaik FIFA jatuh ke tangan Robert Lewandowski, seorang pemain Polandia yang saat ini bermain bersama klub Bayern Munchen yang berposisi sebagai Striker atau pemain penyerang.

Robert Lewandowski keluar sebagai jawara Pemain Terbaik FIFA 2020, setelah meraih 52 poin menyisihkan Cristiano Ronaldo dengan raihan poin 38 pada posisi kedua, dan Leonel Messi pada peringkat ketiga, yang meraih 36 poin.

Namun, kegagalan tidak mendapatkan penghargaan sebagai Pemain Terbaik FIFA 2020, bukan berarti eksistensi sebagai pemain bintang bagi Cristiano Ronaldo dan Leonel Messi sirna begitu saja.  Keduanya setelah itu masih harus menerima dua penghargaan bergengsi yang berbeda.

Ronaldo dikabarkan menerima penghargaan Golden Foot Award, yang disebut dalam laman Juventus sebagai penghargaan lain untuk sang juara yang sensasional.  Penghargaan ini disebut khusus dan istimewa, karena menurut aturannya, seorang pemain hanya bisa memenangkannya sekali dalam karier. 

Pada 1 Desember 2020, Ronaldo dinyatakan sebagai pemenang, dan pada tanggal 20 Desember 2020, CR7 dianugerahi penghargaan secara tertutup karena situasi darurat kesehatan.  Sang juara Portugal juga meninggalkan, seperti biasa, jejak kakinya, yang akan dipajang di "Champions Promenade" yang ikonik di Monte-Carlo.


Ronaldo menyebut, "Menerima penghargaan ini adalah suatu kehormatan, saya senang bahwa jejak kaki saya akan dekat dengan para juara hebat lainnya dan saya berterima kasih kepada semua publik yang memilih saya. Saya akan selalu melakukan yang terbaik untuk bermain bagus dan mencetak gol".

Louis Ducruet, putra Permaisuri Stephanie dari Monako yang mempersembahkan Golden Foot Award ke-18 kepada Cristiano Ronaldo, mewakili H.S.H Pangeran Albert II dari Monako. Monegasque Sovereign juga mengirimkan pesan video untuk memberi selamat kepada para pemenang.

Tak lama setelah itu atau tepatnya dua hari kemudian, laman resmi Barcelona mengumumkan sang bintang, Lionel Messi baru saja menerima penghargaan Pichichi untuk musim 2019/20 yang dibagikan setiap tahun di gala MARCA Football Awards. Pada kesempatan ini, dan karena pandemi, upacara berlangsung secara virtual.

Messi mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut, dan berkomentar bahwa "Saya tidak pernah membayangkan bahwa saya akan meraih begitu banyak trofi Pichichi dan bisa melampaui Zarra; itu adalah kegembiraan yang luar biasa."

Sang bintang Blaugrana itu juga membuat pernyataan untuk Luis Fernando Rojo, editor MARCA. "Kami akan berjuang sampai akhir untuk memenangkan segalanya. Kami tidak memulai dengan baik, tetapi sedikit demi sedikit kami berkembang. Sekarang yang terpenting adalah mendapatkan rentetan kemenangan beruntun untuk bisa naik ke atas klasemen." Dia juga berharap semuanya segera kembali normal. "Mudah-mudahan kita bisa segera melihat fans kita lagi."


Artikel Terkait