Perwakilan AC Milan dan Real Madrid Terpilih sebagai Dewan Strategi UEFA

Dewan Strategi Sepakbola Profesional (PFSC) merupakan wadah yang menyatukan para pemangku kepentingan utama dalam sepak bola Eropa, yaitu UEFA, klub, liga profesional, dan pemain, untuk bekerja sama menemukan solusi umum tentang masalah-masalah utama yang mempengaruhi permainan.

Saat ini, susunan Dewan Strategi Sepakbola Profesional (Professional Football Strategy Commission) akan diisi oleh perwakilan European Clubs Association (ECA) yang baru. Untuk kepentingan ini, telah ditunjuk perwakilan dari AC Milan, Real Madrid, Ajax Amsterdam dan Celtic FC.

Susunan nama perwakilan ECA di PFSC itu, antara lain adalah Ivan Gazidis (AC Milan), Pedro Lopez Jiménez (Real Madrid CF), Edwin van der Sar (AFC Ajax) ) dan Peter Lawwell (Celtic FC). dimana Ivan Gazidis juga duduk di Komite Pemangku Kepentingan FIFA dan mengetuai Kelompok Kerja Kompetisi ECA .

Melalui laman resmi UEFA, diketahui bahwa Dewan Strategi Sepak Bola Profesional (PFSC) menyatukan para pemangku kepentingan utama dalam sepak bola Eropa, yaitu UEFA, klub, liga profesional, dan pemain, untuk bekerja sama menemukan solusi umum tentang masalah-masalah utama yang mempengaruhi permainan. 

Dialog di dalam Professional Football Strategy Commission (PFSC) telah diatur melalui prinsip-prinsip yang menjunjung tinggi demokrasi dan rasa saling percaya, dimana diskusi dilakukan dengan penuh transparansi,  dan saling bertatap muka satu per satu antar anggota UEFA.

Adappun susunan anggota dari Dewan Strategi Sepak Bola Profesional UEFA atau Professional Football Strategy Commission (PFSC) terdiri dari:

a) Empat wakil presiden UEFA, yang mewakili kepentingan asosiasi anggota UEFA serta kepentingan umum UEFA sebagai badan pengatur sepak bola Eropa.

b) Empat perwakilan yang dipilih untuk masa jabatan dua tahun oleh grup yang diakui oleh UEFA mewakili kepentingan liga sepak bola profesional Eropa.

c) Empat perwakilan yang dipilih untuk masa jabatan dua tahun oleh grup yang diakui oleh UEFA mewakili kepentingan klub yang berpartisipasi dalam kompetisi UEFA.

d) Empat perwakilan yang dipilih untuk masa jabatan dua tahun oleh serikat pemain yang diakui UEFA mewakili kepentingan pemain profesional di Eropa.

Sesuai dengan Pasal 3bis Statuta UEFA, UEFA mengakui EPFL (untuk liga), ECA (untuk klub) dan FIFPro Division Europe (untuk pemain).

Professional Football Strategy Commission (PFSC) atau Dewan Strategi Sepak Bola Profesional UEFA  memiliki tugas dan fungsi:

a) Mengidentifikasi solusi untuk meningkatkan kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan di sepak bola Eropa, khususnya dengan menjajaki kemungkinan pembentukan Piagam Sepak Bola Profesional Eropa.

b) Menangani masalah yang berkaitan dengan dialog sosial dalam masalah sepak bola profesional Eropa.

c) Bekerja dengan badan konsultatif sepak bola profesional yang ada pada semua masalah yang relevan

d) Memastikan bahwa sepak bola tetap bersama sebagai satu keluarga, dengan sepak bola profesional dan amatir yang hidup bersama dalam struktur olahraga yang ada dan sistem piramida.

e) Membahas pandangan klub, liga, pemain dan asosiasi anggota UEFA dan menginformasikan kepada Komite Eksekutif UEFA.

Adapun topik diskusi oleh PFSC ditentukan oleh anggotanya dan dapat mencakup: a) kompetisi klub UEFA dan kalendernya.; b) Posisi klub profesional dalam lingkungan sepak bola internasional.; c) Aspek keuangan dan komersial sepak bola Eropa; dan d) Masalah yang terkait dengan Uni Eropa (UE).